Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Pahlawan 2021, Risma Ajak Mengheningkan Cipta 60 Detik Pukul 08.15 WIB

Rakyat Indonesia diimbau mengheningkan cipta secara serentakselama 60 detik pada peringatan Hari Pahlawan pukul 08.15 WIB hari ini.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 10 November 2021  |  05:15 WIB
Hari Pahlawan 2021, Risma Ajak Mengheningkan Cipta 60 Detik Pukul 08.15 WIB
Tangpan layar - Logo Hari Pahlawan 2021. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pada hari ini, rakyat Indonesia memperingati Hari Pahlawan, Rabu (10/11/2021). Menteri Sosial Tri Rismaharini mengajak warga mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik pada pukul 08.15 WIB.

Pada video singkat yang diunggah akun Instagram @kemensosri, Risma mengajak sebangsa dan se-Tanah Air untuk mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik pada 10 November 2021 pukul 08.15 waktu setempat. Hening cipta itu sebagai bentuk penghargaaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan.

"Jadikakanlah semangat nilai kepahlawanan menjadi inspirasi dis etiap langkah kehidupan kita. Pahlawanku Inspirasiku," ujar Risma.

Pada tahun 2021, tema peringatan Hari Pahlawan adalah ‘Pahlawanku Inspirasiku’ dengan logo tangan memegang bambu runcing yang disematkan bendera merah putih.

Tujuan tema ini adalah untuk membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, tema ini ingin agar seluruh elemen bangsa turut memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Logo Hari Pahlawan

Logo Hari Pahlawan 2021 memuat unsur bambu runcing, bendera merah putih, dan tulisan tema. Logo tersebut mengandung sejumlah makna, mulai dari bambu runcing yang merupakan senjata sederhana yang digunakan para pejuang kemerdekaan.

Senjata ini merupakan simbol keberanian para pahlawan menghadapi kolonialisme.

Selanjutnya, merepresentasikan pahlawan sebagai sosok yang mengorbankan kenyamanan hidupnya agar orang lain bisa mendapatkan kenyamanan seperti dirinya.

Pahlawan adalah sosok yang senang dalam menolong orang lain. Buku merupakan simbol dari sumber inspirasi generasi masa kini untuk mengetahui kisah heroik dari para pahlawan.

Lewat buku generasi sekarang bisa melakukan nampak tilas perjuangan mereka. Buku juga merupakan sumber inspirasi bagi para pahlawan dalam menggagas kebangsaan Indonesia.

Bendera merah putih merupakan simbolisasi dari sebuah bangsa dan negara yang dulu para pahlawan perjuangkan.

Sebuah warisan yang kita harus jaga dengan mewujudkan tujuan bernegara: melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Kepalan tangan merupakan simbolisasi dari keteguhan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Diharapkan generasi sekarang bisa memiliki keteguhan yang sama dalam mempetahankan kemerdekaan Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemensos Hari Pahlawan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top