Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peserta Seleksi CPNS Jangan Main Curang, BKN Punya Teknologi Baru Nih!

BKN tengah membuat sistem yang baru lebih semacam artificial intelligence untuk melakukan analisis terhadap seluruh data-data yang mengikuti seleksi apa terjadi kecurangan di dalam potensi ini.
Ilustrasi seleksi CPNS/Antara-R. Rekotomo
Ilustrasi seleksi CPNS/Antara-R. Rekotomo

Bisnis.com, JAKARTA – Peserta seleksi CPNS diminta untuk tidak melakukan kecurangan pada saat ujian berlangsung. BKN punya teknologi dengan sistem yang bisa memantaunya.

Deputi Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan investigasi dan investigasi lanjutan di beberapa wilayah yang dilaporkan ada kecurangan oleh masyarakat.

“Kami saat ini harus buat sistem yang baru lebih semacam artificial intelligence untuk melakukan analisis terhadap seluruh data-data yang mengikuti seleksi apa terjadi kecurangan di dalam potensi ini,” katanya melalui konferensi pers virtual, Selasa (2/11/2021).

Suharmen menjelaskan bahwa BKN berusaha agar tes penerimaan CPNS berjalan dengan adil, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Oleh karena itu, BKN juga melakukan keamanan infrastruktur teknologi informasi selain membuat sistem baru untuk menekan kecurangan.

Pengamanan ini, tambah Suharmen, tidak dilakukan oleh BKN sendiri. Panitia seleksi telah menunjuk instansi lain seperti Badan Siber dan Sandi Nasional serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi demi memenuhi keamanan standar.

Di sisi lain, Suharmen menuturkan BKN sangat berterima kasih karena masyarakat ikut serta dalam pengawasi pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS.

“Ini adalah bagian transparansi yang kita bangun. Kami sadar betul tidak bisa mengkawal seleksi kalau sendirian. Jadi partisipasi aktif dari masyarakat kalau ada kecurangan di dalam pelaksanan seleksi, ini membuat kami melaksanakan seleksi lebih bertanggung jawab,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper