Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Satgas Terbitkan Aturan Terbaru Perjalanan Domestik, Apa Perubahannya?

Terdapat 3 pembaruan yang ditetapkan oleh Satgas Covid-19 dalam Addendum SE No.21/2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 28 Oktober 2021  |  07:54 WIB
Satgas Terbitkan Aturan Terbaru Perjalanan Domestik, Apa Perubahannya?
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito mengeluarkan Addendum Surat Edaran No. 21/2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Covid-19. Terdapat 3 pembaruan yang ditetapkan oleh Satgas Covid-19 terkait aturan perjalanan domestik.

Pertama, pelaku perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi udara dari dan ke daerah di wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali wajib menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

"Beserta surat keterangan hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan," tulis SE tersebut seperti dikutip Bisnis, Kamis (28/10/2021).

Kedua, pelaku perjalanan dengan moda transportasi laut, dan darat yang menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan dan kereta api antarkota dari dan ke daerah di wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali wajib menunjukan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

Pelaku perjalanan juga wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam.

Selain antigen, pelaku perjalanan bisa juga menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan

Perlu diketahui, addendum Surat Edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 27 Oktober 2021 dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perjalanan Tes PCR PCR Satgas Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top