Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selandia Baru Wajibkan Guru dan Nakes Vaksinasi Covid-19 sebelum Lockdown Dibuka

Guru dan pekerja pendidikan lainnya harus divaksinasi penuh pada Januari sebelum Selandia Baru membuka lockdown untuk mengendalikan wabah Covid-19.
Suasana Auckland , Selandia Baru./Antaranews.
Suasana Auckland , Selandia Baru./Antaranews.

Bisnis.com, JAKARTA – Selandia Baru mewajibkan secara hukum petugas kesehatan dan guru divaksinasi Covid-19 sebelum lockdown dibuka.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Menteri Respons Covid-19 Chris Hipkins mengatakan mandat baru ini mengharuskan dokter, apoteker, perawat komunitas dan banyak petugas kesehatan lainnya untuk divaksinasi penuh pada Desember 2021.

“Guru dan pekerja pendidikan lainnya harus divaksinasi penuh pada Januari,” katanya seperti dikutip Bisnis, Selasa (12/10/2021).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa telah banyak dari profesi tersebut yang sudah mendapatkan vaksin, tetapi langkah ini diwajibkan agar profesi tersebut lebih terproteksi, karena mereka berurusan dengan pasien yang sakit dan anak kecil yang belum mendapatkan vaksin.

"Ini bukan keputusan yang mudah, tetapi kami membutuhkan orang-orang yang bekerja dengan komunitas rentan yang belum divaksinasi untuk mengambil langkah ekstra ini," katanya.

Untuk diketahui, pengumuman itu muncul saat Selandia Baru memerangi wabah Covid-19 varian Delta yang sangat menular di kota terbesarnya, Auckland.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan, bahwa Auckland akan tetap lockdown selama setidaknya satu minggu lagi, sementara wilayah terdekat Waikato dan Northland dapat keluar dari masa lockdown pada hari Kamis jika tidak ada penyebaran Virus Corona yang signifikan ditemukan di tempat-tempat itu.

Ardern menyebut, telah mendesak orang-orang agar mau divaksinasi sebagai langkah sebelum pemerintah membuka kembali wilayahnya.

Akhir pekan mendatang, pemerintah merencanakan program vaksinasi Sabtu Super yang disamakan dengan Hari Pemilihan, ketika pusat vaksinasi akan dibuka sepanjang hari dan hingga malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper