Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nama-nama Surga dan Neraka, Dalil, serta Penghuninya

Nama-nama surga dan neraka beserta penghuninya ini telah dijelaskan dalam surat-surat di Alquran.
Ilustrasi/Pexels.com
Ilustrasi/Pexels.com

Nama Neraka, Dalil, dan Penghuninya

7 Nama Neraka:

1. Neraka Jahannam
Neraka ini adalah neraka tingkat pertama yang diisi oleh mereka yang gemar melakukan dosa dan tidak mau bertobat terhadap dosa-dosanya. Hal tersebut dijelaskan lewat surat Al-Hijr ayat 43.

"Wa inna jahannama lamaw'iduhum ajma'iin."

Artinya: Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka [pengikut-pengikut syaitan] semuanya.

2. Neraka Sa’ir
Dalam surat Al-Insyiqaq ayat 12 disebutkan bahwa neraka ini diperuntukkan bagi mereka yang suka merampas hak anak yatim.

"Innallazina ya`kuluna amwalal-yatama zulman innama ya`kuluna fi butunihim nara, wa sayaslauna sa'ira."

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala [neraka].

3. Neraka Huthamah
Neraka yang dihuni oleh orang-orang yang kerap mengumpat, mencela, dan berprasangka buruk ini memiliki api yang bisa membakar hingga ke dalam hati manusia. Penjelasan itu disebut lewat surat Al-Humazah ayat 5-6.

"Wa ma adraka mal-hutamah. Narullahil-muqadah."

Artinya: Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? [Yaitu] api [yang disediakan] Allah yang dinyalakan.

4. Neraka Ladza
Neraka yang dihuni oleh iblis, setan atau jin kafir, manusia yang terbujuk rayuan setan, dan orang Majusi atau penyembah api ini disebut dalam surat Al-Ma’arij ayat 15.

"Kallaa innahaa lazaa."

Artinya: Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergolak.

5. Neraka Saqar
Neraka yang disebut dalam surat Al-Muddassir ayat 42-47 ini dihuni oleh para penyembah berhala, orang-orang yang selama hidupnya tidak mengerjakan salat, tidak peduli dengan orang miskin, gemar berbicara kotor, dan tidak percaya hari kiamat.

"Maa salakakum fii saqar. Qooluu lam naku minal musalliin. Wa lam naku nut'imul miskiin. Wa kunnaa nakhuudu ma'al khaaa'idiin. Wa kunnaa nukazzibu bi yawmid Diin. Hattaaa ataanal yaqiin."

Artinya: Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar [neraka]? Mereka menjawab, 'Dahulu kami tidak termasuk orang-orang yang me-laksanakan shalat, dan kami (juga) tidak memberi makan orang miskin, bahkan kami biasa berbincang [untuk tujuan yang batil], bersama orang-orang yang membicarakannya, dan kami mendustakan hari pembalasan, sampai datang kepada kami kematian'."

6. Neraka Jahim
Neraka ini dihuni oleh orang-orang musyrik yang menyekutukan Allah SWT. Keberadaan neraka ttersebut dijelaskan dalam surat Asy-Syu’ara’ ayat 91.

"Wa burrizatil Jahiimu lilghaawiin."

Artinya: Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat.

7. Neraka Hawiyah
Neraka yang paling dekat dengan sumber api neraka berwarna hitam ini dihuni oleh orang-orang kafir, munafik, dan para pengikut keluarga Fir’aun. Neraka Hawiyah disebut dalam surat Al-Qari'ah ayat 9-11:

"Fa-ummuhu haawiyah. Wa maa adraaka maa hiyah. Naarun hamiyah."

Artinya: Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? [Yaitu] api yang sangat panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper