Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ketua DPR RI Puan: Libatkan Swata, Pastikan Jangan Sampai PeduliLindungi Bocor

Ouan menegaskan, pemerintah harus memiliki opsi lain selain PeduliLindungi untuk menjamin hak warga negara mengakses transportasi publik.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 27 September 2021  |  13:07 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat menyampaikan pidato pembukaan masa persidangan I DPR RI Tahun 2021/2022 di Kompleks Parlemen, Jakarta / Youtube Sekretariat Presiden
Ketua DPR RI Puan Maharani saat menyampaikan pidato pembukaan masa persidangan I DPR RI Tahun 2021/2022 di Kompleks Parlemen, Jakarta / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menilai, rencana pemerintah untuk tidak menjadikan aplikasi PeduliLindungi sebagai satu-satunya akses untuk ruang atau transportasi publik merupakan langkah tepat, karena sertifikat vaksin dan hasil pemeriksaan Covid-19 perlu diterapkan segera.

“Setiap warga negara, baik yang punya smartphone canggih atau kurang canggih, atau bahkan yang tidak punya smartphone sekalipun harus memiliki hak yang sama untuk mengakses ruang dan transportasi publik,” kata Puan kepada wartawan, Senin (27/9/2021).

Dikatakan, menyediakan opsi lain di luar aplikasi PeduliLindungi peru dilakukan pemerintah untuk menjamin hak warga negara.

Puan menjelaskan, apapun opsi yang disediakan pemerintah di luar aplikasi PeduliLindungi, jaminan atas perlidungan data pribadi warga negara harus menjadi yang utama.

Hal ini mengingat segala mekanisme pasti menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai data utama.

“Apapun nanti sistem atau alat baru yang akan digunakan nanti, pemerintah harus pastikan alat yang memuat data pribadi warga negara tersebut anti-bocor,” kata Puan.

Mantan Menko PMK ini menambahkan, jaminan perlindungan data pribadi juga menjadi sangat penting, mengingat pemerintah juga melibatkan pihak swasta untuk mengintegrasikan sistem aplikasi PeduliLindungi dengan sistem aplikasi lain milik swasta.

“Kerja sama dengan swasta dalam bentuk integrasi sistem ini harus jelas betul aturan mainnya agar data pribadi warga negara bisa terlindungi dengan baik, dan tidak jatuh ke pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti pinjol ilegal dan sebagainya,” kata Puan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ketua dpr puan maharani Pedulilindungi
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top