Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

9 Jurusan Kuliah untuk Profesi Data Analyst dan Data Scientist

Untuk kalian yang masih bingung untuk menentukan jurusan di perkuliahan, terutama di bidang teknologi informasi, ini 9 jurusan yang bisa menunjang kamu menjadi data analyst dan data scientist.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 02 September 2021  |  14:54 WIB
9 Jurusan Kuliah untuk Profesi Data Analyst dan Data Scientist
Ilustrasi profesi data analyst - Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Laporan World Economic Forum (WEF) memprediksikan empat tahun mendatang analis data (data analyst) dan peneliti data (data scientist) menjadi profesi paling banyak dicari pada 2025. Namun, apa saja jurusan di kampus yang menunjang profesi data analyst dan data scientist di Indonesia?

Untuk kalian yang masih dan sudah berada di sekolah menengah atas (SMA) atau kelas 12, kedua profesi tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk mengasah kemampuan dan memilih jurusan kuliah. Seperti tugas data analyst dan data scientist?

Dikutip dari Master’s in Data Science, Kamis (2/9/2021), seorang data analyst atau analis data diharuskan untuk menemukan bagaimana data dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan dan memecahkan permasalahan.

Sementara itu, pekerjaan data scientist akan bekerja lebih dalam di dalam data, menggunakan penambangan data, dan pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi pola.

Profesi data scientist merancang eksperimen, menghasilkan model dan tes untuk membuktikan atau menyangkal temuan yang kemudian menawarkan solusi tentang bagaimana perusahaan harus bertindak ke depan. Demikian yang dikutip dari Career Foundery, Kamis (2/9/2021).

Untuk kalian yang masih bingung untuk menentukan jurusan di perkuliahan, terutama di bidang teknologi informasi, berikut Bisnis.com rangkum jurusan yang bisa menunjang kamu menjadi data analyst dan data scientist saat berkarier.

1. Ilmu Komputer

2. Matematika

3. Teknik Informatika

4. Statistika

5. Ekonomi

6. Pemasaran

7. Industri

8. Finansial dan Bisnis

9. Ilmu Komunikasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kampus data kuliah
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top