Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

9 Jurusan Kuliah untuk Profesi Data Analyst dan Data Scientist

Untuk kalian yang masih bingung untuk menentukan jurusan di perkuliahan, terutama di bidang teknologi informasi, ini 9 jurusan yang bisa menunjang kamu menjadi data analyst dan data scientist.
Ilustrasi profesi data analyst/Freepik.com
Ilustrasi profesi data analyst/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Laporan World Economic Forum (WEF) memprediksikan empat tahun mendatang analis data (data analyst) dan peneliti data (data scientist) menjadi profesi paling banyak dicari pada 2025. Namun, apa saja jurusan di kampus yang menunjang profesi data analyst dan data scientist di Indonesia?

Untuk kalian yang masih dan sudah berada di sekolah menengah atas (SMA) atau kelas 12, kedua profesi tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk mengasah kemampuan dan memilih jurusan kuliah. Seperti tugas data analyst dan data scientist?

Dikutip dari Master’s in Data Science, Kamis (2/9/2021), seorang data analyst atau analis data diharuskan untuk menemukan bagaimana data dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan dan memecahkan permasalahan.

Sementara itu, pekerjaan data scientist akan bekerja lebih dalam di dalam data, menggunakan penambangan data, dan pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi pola.

Profesi data scientist merancang eksperimen, menghasilkan model dan tes untuk membuktikan atau menyangkal temuan yang kemudian menawarkan solusi tentang bagaimana perusahaan harus bertindak ke depan. Demikian yang dikutip dari Career Foundery, Kamis (2/9/2021).

Untuk kalian yang masih bingung untuk menentukan jurusan di perkuliahan, terutama di bidang teknologi informasi, berikut Bisnis.com rangkum jurusan yang bisa menunjang kamu menjadi data analyst dan data scientist saat berkarier.

1. Ilmu Komputer

2. Matematika

3. Teknik Informatika

4. Statistika

5. Ekonomi

6. Pemasaran

7. Industri

8. Finansial dan Bisnis

9. Ilmu Komunikasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper