Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Megawati: Lawan! Kalau Ada Pihak yang Mau Ubah Ideologi Pancasila

Megawati Soekarnoputri menyebut negara Indonesia akan ambruk jika ideologi Pancasila diubah menjadi ideologi lain.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri./Dok.PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri./Dok.PDIP

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Ke-5 RI sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan negara Indonesia akan ambruk jika ideologi Pancasila diubah menjadi ideologi lain.

Hal tersebut disampaikan Megawati Soekarnoputri saat memberikan pembekalan kepada Purnapaskibraka Duta Pancasila, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/8/2021).

"Kalau kita ubah ideologi kita Pancasila dengan ideologi lain, saya bilang pasti negara kita ambruk, ndak ada namanya Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, bermacam-macam tapi satu jua," kata Megawati dikutip dari laman resmi PDIP, Jumat (20/2/2021).

Megawati mengatakan jika ada pihak-pihak yang ingin merobek-robek dan mengubah ideologi Pancasila, maka orang seperti itu haruslah dilawan.

"Kalau mau dirobek-robek, mohon maaf, Ibu walau sudah tua begini, Ibu lawan orang kayak begitu. Memangnya kamu hidup di mana? Kamu ikut berjuang? Pasti akan aku bilang begitu. Mana perjuanganmu untuk Indonesia Raya ini," tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Megawati yang juga merupakan Ketua Umum PDI-Perjuangan ini menekankan Purnapaskibraka atau Paskibraka yang telah selesai bertugas, merupakan kader bangsa utama, yang mengerti arti Pancasila dan harus menjadi tameng Pancasila.

Dia menegaskan menjaga ideologi Pancasila tidak bisa hanya digembar-gemborkan, namun harus dilaksanakan.

Megawati berharap Purnapaskibraka Duta Pancasila mempersiapkan diri untuk turun ke bawah bertemu rakyat. Karena itu bagian dari penggemblengan.

"Karena akan digembleng, gemblengannya syaratnya turun ke bawah, ketemu sama rakyat," tutur Megawati.

Putri Bung Karno itu juga menyerukan kepada Purnapaskibraka Duta Pancasila agar kelak dapat menjadi orang politik yang sebenarnya.

"Kalian harus menjadi Duta Pancasila, menjadi orang politik, politik beneran, politik beneran bukan politikus orang yang hanya mau mejeng saya bilang. Tapi benar-benar bela negara," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper