Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HUT RI Ke-76, WNI di Washington DC Ikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut dipimpin oleh Iwan Freddy Hari Susanto, Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI)/Wakil Duta Besar RI untuk AS.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 18 Agustus 2021  |  12:59 WIB
Upacara Detik-detik Proklamasi yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang Ke-76 - Dok./KBRI Washington
Upacara Detik-detik Proklamasi yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang Ke-76 - Dok./KBRI Washington

Bisnis.com, JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC melaksanakan upacara Detik-detik Proklamasi dalamrangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-76 pada Selasa (17/8/2021) waktu setempat.

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut dipimpin oleh Iwan Freddy Hari Susanto, Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI)/Wakil Duta Besar RI untuk AS.

Dalam keterangan resmi KBRI Washington DC, cuaca mendung yang menyelimuti Ibu Kota Amerika Serikat saat Upacara berlangsung disebut justru semakin menambah antusiame Warga Negara Indonesia dan diaspora untuk hadir karena memang menjadi momentum yang selalu mereka tunggu-tunggu setiap tahunnya. Di tengah masa pandemi Covid-19, sebagian bahkan memilih untuk mengambil cuti dari kantor agar dapat menghadiri Upacara.

“Sangat khidmat. Saya barusan sampai sujud syukur akhirnya bisa upacara 17-an lagi” tutur Anang Dwiantoro warga Maryland yang juga pegiat seni budaya, dalam keterangan resmi, Rabu (18/8/2021).

Berbeda dengan upacara pada 2020 lalu yang hanya diikuti staf KBRI, tahun ini KBRI Washington DC mengundang secara terbatas perwakilan kelompok masyarakat/diaspora Indonesia dari kawasan District of Maryland/DC, Maryland, dan Virginia (DMV) yang berjumlah sekitar 40 orang.

Upacara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain melalui pemeriksaan suhu tubuh, seluruh petugas maupun peserta diwajibkan menunjukkan bukti vaksinasi penuh atau tes PCR negatif. Hal tersebut utamanya dilakukan guna mengantisipasi penyebaran varian Delta yang akhir-akhir ini meningkat.

“Penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan RI yang ke-76 di KBRI Washington, DC dan Konsulat Jenderal RI di AS dilakukan secara sederhana, minimalis, serta terbatas, namun tetap khidmat. Di Washington, DC, Upacaranya hanya dihadiri oleh staf KBRI, Dharma Wanita Persatuan (DWP), petugas upacara serta perwakilan kelompok masyarakat/diaspora Indonesia di wilayah DMV“ ujar Iwan Freddy selaku Inspektur Upacara.

Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Letnan Kolonel Kal. Xanthoniar Taufan Wijaya, Perwira TNI Angkatan Udara KBRI Washington DC.

Layaknya tahun sebelumnya, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tahun ini juga hanya berjumlah 3 orang, yang merupakan putra-putri diaspora Indonesia di AS yaitu Arifinal Shiddiq, Brian Mandoroputro, dan Sarah Noemi Garcia. Ketiganya merupakan pelajar yang duduk di bangku SMA (high school).

“Ini merupakan upacara ke-dua kami sebagai Paskibra di Wisma Indonesia. Kami sangat senang bisa kembali terpilih untuk mengibarkan bendera merah putih” ujar Brian yang duduk di kelas 3 SMA (Grade 12).

Para anggota Paskibra ini dilatih langsung oleh Tim Atase Pertahanan (Athan) KBRI Washington DC, di bawah pimpinan Marsekal Muda TNI Age Wiraksono, Atase Pertahanan RI di Washington DC.

Tidak hanya suasana suka cita yang dirayakan masyarakat/diaspora Indonesia di AS, Presiden Joe Biden dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken mewakili Pemerintah AS pun turut menyampaikan ucapan selamat HUT Kemerdekaan Ke-76 RI kepada seluruh masyarakat Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat kbri kemenlu washington HUT Kemerdekaan RI
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top