Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasukan Asing Ditarik, Taliban Klaim Kuasai Kota-kota Penting Afghanistan

Taliban menyerang ibu kota provinsi barat laut Afghanistan, Badghis baru-baru ini sehingga memaksa penduduk setempat mengangkat senjata.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Para pejuang Taliban mulai menguasai sebuah distrik utama di Afghanistan barat yang mencakup perbatasan penting dengan Iran, kata pejabat keamanan Afghanistan menyusul kemajuan militer kelompok bersenjata itu di seluruh negeri.

Dalam minggu terakhir, Taliban telah menyerbu daerah yang berbatasan dengan lima negara yakni Iran, Tajikistan, Turkmenistan, China dan Pakistan stelah pasukan asing mengakhiri intervensi 20 tahun mereka di tengah situasi keamanan domestik yang memburuk.

Taliban menyerang ibu kota provinsi barat laut Afghanistan, Badghis baru-baru ini sehingga memaksa penduduk setempat mengangkat senjata. Pertempuran sengit antara pejuang Taliban dan pasukan pemerintah Afghanistan juga sedang berlangsung di provinsi Balkh utara yang berbatasan dengan Uzbekistan.

Dua pejabat keamanan senior mengatakan bahwa perbatasan Islam Qala dengan Iran, yang terletak di provinsi Herat, telah jatuh ke tangan Taliban dan bahwa pejabat keamanan dan bea cukai Afghanistan telah melarikan diri melintasi perbatasan.

Al Alalam TV, layanan televisi berbahasa Arab resmi Iran, juga melaporkan bahwa tentara Afghanistan telah memasuki wilayah Iran melalui perbatasan untuk melarikan diri dari Taliban.

Akan tetapi Tariq Arian, juru bicara kementerian dalam negeri Afghanistan, membantah laporan tersebut dan mengatakan penyeberangan perbatasan masih di bawah kendali pasukan pemerintah seperti dikutip Aljazeera.com, Jumat (9/7/2021).

Pejabat keamanan lainnya mengatakan bahwa pejuang Taliban telah merebut lima distrik di Herat tanpa perlawanan.

Awal pekan ini, lebih dari 1.000 personil keamanan Afghanistan melarikan diri ke Tajikistan saat Taliban merebut sebagian besar provinsi utara Badakhshan, yang juga berbatasan dengan China dan Pakistan.

Kementerian pertahanan mengatakan pasukan pemerintah Afghanistan sebelumnya pada hari Kamis merebut kembali kendali Qala-e-Naw, ibu kota provinsi barat Badghis, yang telah diserbu oleh Taliban pada  Rabu.

Ratusan tentara dikerahkan ke wilayah itu, kata kementerian itu, seraya menambahkan bahwa pertempuran terus berlanjut di pinggiran Qala-e-Naw. Di sana Taliban sebelumnya telah merebut gedung-gedung penting pemerintah di kota itu, termasuk markas besar polisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper