Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari Jadi Tempat Karantina Covid-19? Ini Kata Satgas

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebutkan sejumlah syarat sebuah lokasi, salah satunya masjid, bisa dijadikan tempat isolasi bagi pasien terkinformasi positif Covid-19.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 28 Mei 2021  |  18:45 WIB
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito  -  Sumber: www.covid19.go.id
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito - Sumber: www.covid19.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah tengah menyiapkan sejumlah ruangan di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari, di Cengkareng, Jakarta Barat sebagai tempat isolasi pasien positif Covid-19.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan sejumlah syarat sebuah lokasi seperti masjid bisa dijadikan tempat isolasi bagi pasien terkinformasi positif Covid-19.

“Terdapat ruangan bagi tenaga kesehatan untuk mengenakan maupun melepaskan alat pelindung diri atau APD. Kemudian juga perlu ada ruangan untuk beristirahat para tenaga kesehatan yang terpisah dari ruangan perawatan pasien dengan kamar mandi yang hanya dapat digunakan oleh nakes,” paparnya dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (28/5/2021).

Kemudian, sambungnya, ada penghalang fisik yang bisa melindungi staf yang akan berinteraksi dengan pasien. Selain itu, pasien laki-laki dan perempuan harus memiliki kamar perawatan yang terpisah, sedangkan anak-anak dan keluarga bisa ditempatkan  di satu kamar tersendiri.

Lebih lanjut, lokasi karantina juga harus memiliki ruangan khusus bagi pasien yang diduga terpapar Covid-19 dan terpisah secara fisik dari ruangan karantina.

“Pasien yang sedang menunggu hasil tes Covid-19, mereka harus ditempatkan di ruangan yang secara fisik terpisah dari pasien terkonfirmasi positif,” kata Wiku.

Hal-hal lain seperti ketersediaan air bersih, sarana toilet yang mencukupi, hingga ruangan berventilasi baik juga wajib dipenuhi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Wiku Adisasmito
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top