Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gerhana Bulan Total Berpuncak di Angka Cantik Pukul 18.18 WIB

Gerhana bulan total ini jika kondisi cuaca cerah-berawan aman disaksikan masyarakat dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kaca mata khusus gerhana.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Mei 2021  |  18:59 WIB
Super Blood Moon atau Gerhana Bulan Total pada 26 Mei 2021. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @infobmkg
Super Blood Moon atau Gerhana Bulan Total pada 26 Mei 2021. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @infobmkg

Bisnis.com, TANJUNGPINANG - Gerhana Bulan Total yang berlangsung malam ini, Rabu (26/5/2021) melintasi langit Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Puncak gerhana terjadi sekira pukul 18.18 WIB.

Demikian disampaikan Prakirawan BMKG Tanjungpinang Hayu Nur Mahron, Rabu.

Hayu menyampaikan gerhana bulan total mulai berlangsung pukul 18.09 WIB dan puncaknya pukul 18.18 WIB.

"Gerhana bulan total berakhir pukul 18.28 WIB dan berlanjut dengan gerhana bulan sebagian hingga pukul 20.51 WIB," kata Hayu di Tanjungpinang.

Dia menyampaikan Gerhana Bulan Total ini jika kondisi cuaca cerah-berawan aman disaksikan masyarakat dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kaca mata khusus gerhana.

"Kami mengimbau masyarakat yang berada di pesisir atau pinggir laut (pantai) mewaspadai terjadinya pasang air laut yang lebih tinggi dari pasang normalnya," ungkap Hayu.

Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya sinar Matahari oleh Bumi sehingga tidak semua sinar Matahari sampai ke Bulan.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana Bulan total terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar. Hal ini terjadi saat Bulan berada di umbra Bumi, yang berakibat, saat puncak gerhana Bulan total terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah terkenal dengan istilah Blood Moon.

Karena posisi Bulan saat terjadi gerhana berada di posisi terdekat dengan Bumi, maka bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa, sehingga sering disebut dengan Super Moon.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG Gerhana Bulan Total

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top