Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pandemi Covid-19, Nadiem Gandeng Swasta Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Danone Indonesia melalui unit bisnis Waters and Specialized Nutrition mendukung upaya optimalisasi pembelajaran yang dilakukan Kemendikbudristek melalui berbagai program pendidikan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Mei 2021  |  21:22 WIB
Pelajar SMKN 15 Jakarta menaiki Bus Sekolah Gratis seusai mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka di SMKN 15 Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/4/2021). - Antara\r\n\r\n
Pelajar SMKN 15 Jakarta menaiki Bus Sekolah Gratis seusai mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka di SMKN 15 Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/4/2021). - Antara\\r\\n\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng swasta dalam mewujudkan pembelajaran berkualitas di tengah pandemi Covid-19.

“Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan tanggung jawab pemerintah dan seluruh elemen masyarakat. Kebijakan dan aturan yang ditetapkan pemerintah tidak akan bisa mencapai tujuannya tanpa dukungan dari masyarakat sebagai pelaksana di lapangan,” ujar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya secara daring dalam pada siniar "Praktik Baik Kemitraan Pemerintah–Swasta dalam Mendukung Program Merdeka Belajar dan Pendidikan di Indonesia" di Jakarta, Senin (24/5/2021).

Pada saat yang sama, masyarakat juga membutuhkan pemerintah untuk mewujudkan aspirasi dan harapannya.

Oleh karena itu, hubungan yang terjalin antara pemerintah dan masyarakat harus saling melengkapi dan menguatkan.

“Dalam hal ini, para pelaku dunia usaha,khususnya swasta, perlu menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat yang bertanggung jawab untuk upaya peningkatan kualitas pendidikan,” kata dia.

Kemendikbudristek aktif menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya Danone Indonesia.

Kerja sama dalam peningkatan kualitas belajar serta layanan pendidikan ini merupakan salah satu contoh praktik baik kemitraan pemerintah dan sektor usaha untuk mendukung pendidikan anak-anak Indonesia.

Mendikbudristek menambahkan, kerja sama yang terjalin antara Kemendikbudristek dan Danone Indonesia merupakan salah satu praktik baik kemitraan pemerintah dan swasta di bidang pendidikan, khususnya dalam memastikan anak-anak Indonesia mendapatkan pembelajaran berkualitas di masa pandemi Covid-19.

“Saya berharap praktik baik kemitraan pemerintah dan swasta yang telah diwujudkan oleh Kemendikbudristek dan Danone Indonesia dapat menginspirasi ibu dan bapak sekalian untuk mengembangkan kolaborasi yang bermanfaat untuk mendukung perwujudan Merdeka Belajar. Mari bersama menjadikan kebutuhan siswa akan pendidikan yang berkualitas dan inklusif sebagai prioritas kita dan satukan langkah kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” pesan Nadiem.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek Jumeri juga turut mengapresiasi kerja sama multipihak ini.

“Kualitas pendidikan pada tingkat sekolah dasar akan sangat berpengaruh pada kemampuan belajar peserta didik di jenjang berikutnya. Kerja sama dengan Danone Indonesia merupakan upaya menyediakan akses pendidikan, modul pembelajaran, hingga meminimalisir risiko hilangnya minat belajar dan "learning loss" pada peserta didik,” katanya.

Danone Indonesia melalui unit bisnis Waters and Specialized Nutrition mendukung upaya optimalisasi pembelajaran yang dilakukan Kemendikbudristek melalui berbagai program pendidikan.

Dukungan tersebut meliputi pendistribusian Modul PJJ Luring, akses pendidikan, renovasi fasilitas pendidikan, dan program edukasi tentang nutrisi dan hidrasi. Penerima manfaat dari program dukungan tersebut meliputi peserta didik di seluruh Indonesia, khususnya yang tinggal di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar).

Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menuturkan, bahwa kerja sama ini merupakan perwujudan dari visi Danone Indonesia yaitu One Planet, One Health, yang juga berkaitan dengan sektor pendidikan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan kemenristek Nadiem Makarim

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top