Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Larangan Memotret Pakai Kamera DSLR di GBK, Ini Respons Setneg

Kemensetneg angkat bicara soal larangan memotret menggunakan kamera DSLR di kawasan GBK yang viral di media sosial.
Kawasan Stadion Gelora Bung Karno/Bisnis-Andhika
Kawasan Stadion Gelora Bung Karno/Bisnis-Andhika

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara Eddy Cahyono memastikan bahwa masyarakat diizinkan untuk mengambil foto atau video kawasan Gelora Bung Karno (GBK) menggunakan kamera profesional asalkan bukan untuk tujuan komersial.

“Intinya foto dan video di kawasan GBK diperbolehkan, hanya penggunaan kamera profesional dan bersifat komersil harus mendapatkan izin,” kata Eddy kepada awak media, Kamis (20/5/2021).

Dia menjelaskan kegiatan komersil yang dimaksud adalah foto prewedding, iklan, dan endorsement selebritas papan atas.

“Namun untuk endorsement UMKM atau produk lokal yang sedang berkembang boleh saja, karena kita ikut mendukung #BanggaBuatanIndonesia dan TKDN [tingkat kandungan dalam negeri],” imbuhnya.

Pernyataan Eddy ini disampaikan untuk menanggapi atas cuitan fotografer senior Arbain Rambet @arbainrambey, Selasa (18/5/2021).

Dalam cuitannya, Arbain mempertanyakan dasar aturan pelarangan penggunaan kamera DSLR di lingkungan GBK.

“Motret di kompleks GBK tak boleh pakai DSLR ? Apa bedanya dengan pakai mirrorless atau HP premium ? Apa dasar aturan ini ?” cuitnya.

Dia juga mengunggah foto yang berisi potongan percakapan seorang pengunjung GBK dan satpam yang berjaga di sana terkait pelarangan penggunaan kamera DSLR di kawasan GBK.

Diketahui pengunjung tersebut ditegur oleh satpam karena kedapatan memotret menggunakan jenis kamera DSLR di kawasan GBK.

Kabiro Humas Setneg Eddy Cahyono menilai terjadi kesalahpahaman terkait penjelasan satpam tersebut dan menjadi masukan untuk memperbaiki pelayanan publik ke depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper