Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mendagri Minta Kepala Daerah Pimpin Vaksinasi: Jangan Diserahkan ke Kadis!

Mendagri Tito Karnavian kembali menekankan tentang perlunya keterlibatan langsung kepala daerah dalam jalannya program vaksinasi Covid-19.
Mendagri Tito Karnavian/Antara-Boyke Ledy Watra
Mendagri Tito Karnavian/Antara-Boyke Ledy Watra

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta kepala daerah turun tangan untuk mempercepat progam vaksinasi Covid-19.

Tito berharap dengan adanya keterlibatan kepala daerah, maka herd immunity atau kekebalan kelompok dapat segera dicapai. Mendagri pun meminta agar program vaksinasi tak hanya diserahkan pada Kepala Dinas, tapi perlu dipimpin langsung oleh para kepala daerah.

"Tolong rekan-rekan kepala daerah memberikan dorongan yang sangat serius kepada kepala dinas kesehatan, terutama dalam rangka untuk melakukan program vaksinasi, apalagi kalau bisa memimpin rapatnya langsung, itu lebih bagus lagi," kata Mendagri seperti dikutip dari laman resmi Kemendagri, Rabu (19/5/2021).

Mendagri kembali menekankan tentang perlunya keterlibatan langsung kepala daerah dalam jalannya program vaksinasi. Sebab, kata Mendagri, kepala daerah merupakan otoritas yang memiliki kewenangan penuh di daerah.

"Di beberapa daerah kami cek itu semua diserahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan, sehingga ketika menemukan hambatan di lapangan itu di luar kewenangannya," ujar Tito.

Dia juga mendorong kepala daerah untuk memiliki skenario dalam menjalankan program vaksinasi di daerah masing-masing. Pasalnya, setiap daerah memiliki situasi di lapangan yang berbeda-beda.

"Kita harus mempercepat penyuntikan untuk mencapai kekebalan kelompok secepat mungkin, jadi mohon betul kepala daerah memiliki skenario dan tolong pimpin langsung, sehingga kepala dinas kesehatan pede (percaya diri) pada saat melakukan eksekusi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper