Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Varian Covid-19 dari WNA Masuk RI, Kemenkes: Perlu 2-3 Pekan

Pengurutan keseluruhan genom atau whole genome sequencing (WGS) untuk memeriksa keberadaan varian mutasi Covid-19 butuh paling cepat 2 pekan.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 10 Mei 2021  |  15:38 WIB
Varian virus corona B117 - istimewa
Varian virus corona B117 - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah terus mengupayakan melakukan pengurutan keseluruhan genom atau whole genome sequencing (WGS) untuk memeriksa keberadaan varian mutasi Covid-19, terutama setelah adanya lonjakan kasus di beberapa negara dan masuknya sejumlah warga negara asing atau WNA ke Indonesia.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengatakan bahwa seluruh fasilitas layanan kesehatan dan laboratorium dikerahkan untuk melakukan tes pada sampel WGS, termasuk dari kedatangan ratusan WN China beberapa hari belakangan.

Nadia mengatakan perlu waktu untuk bisa mendapatkan hasil dari WGS tersebut. “Untuk hasil WGS baru bisa didapatkan dalam 2-3 pekan,” kata Nadia kepada Bisnis, Senin (10/5/2021).

Sebelumnya, Indonesia kedatangan ratusan WNA China. Hal ini ramai diperbincangkan lantaran bertentangan dengan aturan pemerintah yang melarang warga negara sendiri untuk mudik.

“Pada prinispnya kita sudah menutup masuknya WNA ke Indonesia, kecuali WNA yang diizinkan masuk, yang sesuai dengan peraturan Menkumham No. 26/2020 dan ini tertuang juga dalam SE Satgas Covid-19 No. 8/2021,” ujar Nadia.

Adapun, dari ratusan WN China yang dites ada dua orang positif Covid-19 dan sampai saat ini masih melakukan karantina di hotel karantina.

Berdasarkan aturan perjalanan Satgas, WNA yang datang ke Indonesia akan dikarantina selama 5 hari, dan dilakukan tes Covid-19 pada hari pertama dan kelima sebelum masuk ke lingkungan masyarakat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes WNA Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top