Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cek Varian Covid-19 dari WNA Masuk RI, Kemenkes: Perlu 2-3 Pekan

Pengurutan keseluruhan genom atau whole genome sequencing (WGS) untuk memeriksa keberadaan varian mutasi Covid-19 butuh paling cepat 2 pekan.
Varian virus corona B117/istimewa
Varian virus corona B117/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah terus mengupayakan melakukan pengurutan keseluruhan genom atau whole genome sequencing (WGS) untuk memeriksa keberadaan varian mutasi Covid-19, terutama setelah adanya lonjakan kasus di beberapa negara dan masuknya sejumlah warga negara asing atau WNA ke Indonesia.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengatakan bahwa seluruh fasilitas layanan kesehatan dan laboratorium dikerahkan untuk melakukan tes pada sampel WGS, termasuk dari kedatangan ratusan WN China beberapa hari belakangan.

Nadia mengatakan perlu waktu untuk bisa mendapatkan hasil dari WGS tersebut. “Untuk hasil WGS baru bisa didapatkan dalam 2-3 pekan,” kata Nadia kepada Bisnis, Senin (10/5/2021).

Sebelumnya, Indonesia kedatangan ratusan WNA China. Hal ini ramai diperbincangkan lantaran bertentangan dengan aturan pemerintah yang melarang warga negara sendiri untuk mudik.

“Pada prinispnya kita sudah menutup masuknya WNA ke Indonesia, kecuali WNA yang diizinkan masuk, yang sesuai dengan peraturan Menkumham No. 26/2020 dan ini tertuang juga dalam SE Satgas Covid-19 No. 8/2021,” ujar Nadia.

Adapun, dari ratusan WN China yang dites ada dua orang positif Covid-19 dan sampai saat ini masih melakukan karantina di hotel karantina.

Berdasarkan aturan perjalanan Satgas, WNA yang datang ke Indonesia akan dikarantina selama 5 hari, dan dilakukan tes Covid-19 pada hari pertama dan kelima sebelum masuk ke lingkungan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper