Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satgas: Kasus Covid-19 Turun 14,2 Persen dalam Sepekan Terakhir

Satgas Covid-19 menyebut kasus positif Covid-19 terjadi penurunan sebesar 14,2 persen dalam sepekan terakhir.
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito / www.covid19.go.id
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito / www.covid19.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 mencatat adanya perbaikan terkait dengan tren kasus positif dan angka kematian di Indonesia dalam sepekan terakhir

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyatakan sampai dengan 11 April 2021, perkembangan kasus Covid-19 terbilang cukup baik dibandingkan perkembangan minggu sebelumnya.

Wiku menyebut penambahan kasus positif selama sepekan ini mengalami penurunan. Selain itu, penambahan kasus kematian juga menurun jika dibandingkan pekan sebelumnya.

“Pada penambahan kesembuhan memang menurun, namun ini dikarenakan jumlah penambahan kasus positif yang terus menurun. Tapi saya ingin mengapresiasi ini. Karena penurunan kasus positif dan kematian, adalah hal yang harus terus kita pertahankan," kata Wiku dalam keterangan pers, Kamis (15/4/2021).

Wiku mengatakan kasus positif pada pekan ini terjadi penurunan sebesar 14,2 persen. Meskipun demikian, Satgas menyotori masih adanya provinsi yang mencatatkan kenaikan kasus, di antaranya Jawa Tengah, Riau, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, dan Sumatera Barat

“Bagi 5 provinsi yang mengalami kenaikan kasus tertinggi harus memperhatikan,” ujarnya.

Kemudian untuk penambahan kematian dalam sepekan menurun sebesar 17,6 persen. Terdapat 5 provinsi dengan kenaikan tertinggi diantaranya Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Bali, dan Jawa Tengah.

“Khusus provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sumatera Barat mendapat perhatian. Karena pada minggu ini kasus positif dan kasus meninggal mengalami kenaikan. Dimohon seluruh masyarakat dan pemerintah daerahnya untuk memantau perkembangan wilayah masing-masing dan optimalkan posko untuk peningkatan kualitas penanganan," ucap Wiku.

Sementara itu, kasus kesembuhan juga mengalami penurunan sebesar 3,5 persen. Menurut Wiku hal ini karena menurunnya penambahan kasus positif.

Terdapat 5 provinsi mencatatkan kesembuhan tertinggi yakni Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Timur.

"Saya terus mendorong kepada seluruh daerah untuk terus meningkatkan penanganan Covid-19 terutama di tengah implementasi kebijakan PPKM Mikro yang semakin luas cakupannya. Semoga perkembangan terus menunjukkan perbaikan dan semakin merata di seluruh Indonesia," ungkap Wiku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper