Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pernah Terafiliasi dengan AISA, Semar Pelita Sejati Kini Diputus Pailit

Permohonan gugatan pailit PT Semar Pelita Sejati dilakulan setelah putusan PKPU yang diputus sebelumnya berakhir.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pengadilan Negeri (PN) Semarang menyatakan PT Semar Pelita Sejati, perusahaan yang pernah terafiliasi dengan eks Direktur Utama PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) Stefanus Joko Mokoginta, dalam keadaan pailit.

Permohonan pailit Semar Pelita diajukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk (BRI) pada Senin (5/4/2021) lalu. Pengajuan pailit tersebut dilakukan setelah PKPU Sementara Semar Pelita Sejati berakhir.

"Menyatakan PKPU Sementara  berakhir dan menetapkan Semar Pelita Sejati dalam keadaan pailit dengan segala akibat hukumnya," kata hakim PN Semarang yang dikutip Rabu (14/4/2021).

PN Semarang juga menunjuk Eko Budi Supriyanto yang merupakam hakim niaga pada PN Semarang untuk mengawasi proses kepailitan Semar Pelita Sejati.

Adapun hakim kemudian mengangkat Ariawati Nunung Dwi Saktini dan Kuncara Budi Santosa sebagai tim kurator dalam proses kepailitan PT Semar Pelita Sejati.

"Menetapkan biaya Kepailitan dan imbalan jasa bagi Kurator akan ditetapkan kemudian setelah proses kepailitan berakhir,"tukas putusan tersebut.

Dalam catatan Bisnis, nama PT Semar Pelita Sejati sempat masuk dalam kisruh utang yang sempat menjerat AISA pada tahun 2018 silam.

Semar Pelita Sejati disebut-sebut terafiliasi dengan Joko Mokoginta. Hal itu diperkuat dalam Laporan Keuangan AISA tahun 2019 yang menyebut PT Semar Pelita Sejati sebagai salah satu pihak yang berelasi atau satu pengendalian dengan AISA sampai Oktober 2018.

Hingga tahun 2018, Semar Pelita Sejati juga terlibat transaksi dengan pihak AISA nilainya mencapai Rp201,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper