Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pernah Terafiliasi dengan AISA, Semar Pelita Sejati Kini Diputus Pailit

Permohonan gugatan pailit PT Semar Pelita Sejati dilakulan setelah putusan PKPU yang diputus sebelumnya berakhir.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 14 April 2021  |  08:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pengadilan Negeri (PN) Semarang menyatakan PT Semar Pelita Sejati, perusahaan yang pernah terafiliasi dengan eks Direktur Utama PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) Stefanus Joko Mokoginta, dalam keadaan pailit.

Permohonan pailit Semar Pelita diajukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk (BRI) pada Senin (5/4/2021) lalu. Pengajuan pailit tersebut dilakukan setelah PKPU Sementara Semar Pelita Sejati berakhir.

"Menyatakan PKPU Sementara  berakhir dan menetapkan Semar Pelita Sejati dalam keadaan pailit dengan segala akibat hukumnya," kata hakim PN Semarang yang dikutip Rabu (14/4/2021).

PN Semarang juga menunjuk Eko Budi Supriyanto yang merupakam hakim niaga pada PN Semarang untuk mengawasi proses kepailitan Semar Pelita Sejati.

Adapun hakim kemudian mengangkat Ariawati Nunung Dwi Saktini dan Kuncara Budi Santosa sebagai tim kurator dalam proses kepailitan PT Semar Pelita Sejati.

"Menetapkan biaya Kepailitan dan imbalan jasa bagi Kurator akan ditetapkan kemudian setelah proses kepailitan berakhir,"tukas putusan tersebut.

Dalam catatan Bisnis, nama PT Semar Pelita Sejati sempat masuk dalam kisruh utang yang sempat menjerat AISA pada tahun 2018 silam.

Semar Pelita Sejati disebut-sebut terafiliasi dengan Joko Mokoginta. Hal itu diperkuat dalam Laporan Keuangan AISA tahun 2019 yang menyebut PT Semar Pelita Sejati sebagai salah satu pihak yang berelasi atau satu pengendalian dengan AISA sampai Oktober 2018.

Hingga tahun 2018, Semar Pelita Sejati juga terlibat transaksi dengan pihak AISA nilainya mencapai Rp201,8 miliar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pailit tiga pilar sejahtera food
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top