Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembentukan Manajemen Talenta Nasional, Suharso: Siapa Tahu Dapat Nobel

Pemerintah saat ini tengah menyusun grand design agar program Manajemen Talenta Nasional bisa berjalan.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  20:56 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Bisnis - Abdullah Azzam
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menepati salah satu janji kampanyenya yaitu memaksimalkan talenta-talenta nasional untuk berprestasi serta memberikan penghargaan yang lebih layak melalui program Manajemen Talenta Nasional.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Menteri PPN/Kepala Bappenas) Suharso Monoarfa menyatakan pemerintah saat ini tengah menyusun grand design agar program tersebut bisa berjalan.

Dia menuturkan program itu nantinya akan melingkupi tiga bidang yaitu pengembangan sumber daya manusia di bidang riset dan inovasi, seni dan budaya; serta olah raga.

“Siapa tahu, who knows, [di bidang riset dan inovasi] kita bisa memenangkan nobel, Lasker Award, dan berbagai penghargaan yang menjadi sebuah rekognisi internasional atas sebuah bangsa,” kata Suharso dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (30/3/2021).

Lebih lanjut, di bidang seni dan budaya pemerintah menargetkan rekognisi karya yang dikagumi dan diakui di dunia internasional.

Sementara di bidang olah raga, 14 cabang olahraga olympic yang menjadi andalan Indonesia diharapkan semakin kokoh dalam mendulang prestasi.

Kepala Bappenas menyampaikan bahwa yang terpenting adalah konsistensi kehadiran negara terhadap mereka yang telah mengharumkan nama Indonesia.

“Jadi mereka tentu ingin mendapatkan jaminan di hari tua, mereka mendapatkan penghargaan dari negara,” ungkapnya.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menambahkan bahwa Manajemen Talenta Nasional intinya adalah sebuah ekosistem yang sedang dibangun oleh negara bagi sosok-sosok bertalenta di Indonesia.

“Intinya adalah negara hadir untuk bisa menangani anak-anak Indonesia yang punya talenta unggul. Intinya di situ. Selama ini mungkin belum tertangani dengan baik,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi talenta Suharso Monoarfa
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top