Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dua Menteri Indonesia Bertemu PM Jepang, Bahas Apa?

Kunjungan Menhan Prabowo dan Menlu Rento ke Jepang untuk menghadiri pertemuan 2+2 dengan Menhan dan Menlu Jepang.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  18:53 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersiap mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/1/2021). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersiap mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/1/2021). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga di Jepang, Selasa (30/3/2021). Kedua menteri tersebut menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menlu Retno LP Marsudi menjelaskan bahwa keduanya menyampaikan pesan Presiden Jokowi terkait kerja sama yang selama ini telah terjalin dengan baik.

“Kita menyampaikan pesan Presiden mengenai penting kedua negara menindaklanjuti kerja sama yang sudah dibahas pada kunjungan PM Suga ke Indonesia termasuk di bidang investasi,” kata Retno saat konferensi pers virtual dari Tokyo, Jepang, Selasa (30/3/2021).

Adapun, kunjungan Menhan Prabowo dan Menlu Rento ke Jepang untuk menghadiri pertemuan 2+2 dengan Menhan dan Menlu Jepang. Pertemuan tersebut pertama kali dilakukan dalam lima tahun terakhir.

Dia menjelaskan bahwa Jepang merupakan salah satu mitra strategis Indonesia dan hubungan kedua negara juga cukup kokoh. Jepang juga masuk dalam daftar investor terbesar di Indonesia.

Retno mengungkapkan Jepang menjadi mitra dengan Indonesia sejak 2006. Jepang juga bertengger dalam jajaran mitra penting di bidang ekonomi. Pada 2020, Jepang menjadi investor terbesar keempat di Indonesia.

Posisi jepang hanya berada di bawah Singapura, China dan Hongkong. Selain itu, Negeri Sakura sempat menjadi investor terbesar kedua ke Indonesia pada 2018. Negara itu hanya berada satu anak tangga dibawah Singapura.

“Di bidang kesehatan, kerja sama riset, pengembangan dan pembuatan vaksin antara ITB dan Osaka University,” ujarnya.

Selain itu, Retno juga mendorong kerja sama Indonesia - Jepang untuk penguatan pengelolaan vaksinasi dan laboratorium baik vaksin Covid-19 maupun virus lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang menlu prabowo subianto
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top