Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Covid-19 di AS, Guru Mungkin Tularkan Infeksi Corona di Sekolah

CDC mengatakan vaksinasi Covid-19 untuk pendidik harus dipertimbangkan sebagai langkah mitigasi tambahan.
Murid sekolah melakukan uji usap Covid-19 mandiri untuk mencegah penyebaran virus Corona di kelas mereka di Akademi Katolik Boston Selatan di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Kamis (28/1/2021)./Antara/Reuters-Allison Dinner
Murid sekolah melakukan uji usap Covid-19 mandiri untuk mencegah penyebaran virus Corona di kelas mereka di Akademi Katolik Boston Selatan di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Kamis (28/1/2021)./Antara/Reuters-Allison Dinner

Bisnis.com, BENGALURU - Penularan Covid-19 di Amerika Serikat diperkirakan terkait dengan para guru.

Guru diperkirakan memiliki kontribusi dalam penularan Covid-19 di sekolah-sekolah.

Asumsi tersebut disampaikan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, Senin (22/2/2021).

Pernyataan itu mengutip sebuah studi di sekolah dasar distrik sekolah Georgia dengan penggunaan masker dan jaga jarak yang terkadang tidak memadai.

Laporan itu muncul setelah para peneliti dari lembaga tersebut, bulan lalu, mengatakan hanya ada sedikit bukti bahwa sekolah menyebarkan infeksi Covid-19 di negara itu. 

Laporan yang sebagian berdasarkan penelitian sekolah di Wisconsin itu mengurangi kekhawatiran atas pembelajaran tatap muka secara langsung.

Studi Wisconsin menemukan penyebaran virus yang secara signifikan lebih rendah di dalam sekolah dibandingkan dengan penularan di komunitas sekitarnya.

Sementara itu riset di Georgia yang melibatkan sekitar 2.600 siswa dan 700 anggota staf sekolah dasar distrik sekolah menunjukkan sembilan kelompok kasus Covid-19 yang melibatkan 13 pendidik dan 32 siswa di enam sekolah dasar, kata CDC.

Laporan CDC menemukan bahwa siswa duduk dengan jarak kurang dari 3 kaki (0,9 meter) dan penggunaan masker yang tidak memadai berkontribusi pada penyebaran Covid-19 dalam beberapa kasus.

CDC juga melaporkan bahwa siswa makan siang di ruang kelas, bisa meningkatkan penyebaran Covid-19.

"Temuan ini menunjukkan bahwa pendidik dapat memainkan peran penting dalam penularan di sekolah dan penularan di sekolah dapat terjadi ketika jarak fisik dan kepatuhan masker tidak optimal," kata laporan itu.

Dari jumlah tersebut, dua kelompok melibatkan kemungkinan transmisi guru-ke-guru yang diikuti oleh transmisi guru-ke-siswa di ruang kelas. Demikian disampaikan badan tersebut dalam Laporan Mingguan Morbiditas dan Kematian.

Berdasar riset, transmisi dari guru mengakibatkan sekitar setengah dari 31 kasus Covid-19 terkait sekolah.

Studi tersebut memiliki beberapa batasan termasuk kesulitan dalam menentukan apakah penularan virus Corona terjadi di sekolah atau di luar komunitas lokal, ujar badan tersebut.

Membedakan antara dua jenis penularan itu menjadi tantangan tersendiri di saat jumlah rata-rata kasus 7 hari per 100.000 orang melebihi 150, kata badan tersebut.

CDC mengatakan vaksinasi Covid-19 untuk pendidik harus dipertimbangkan sebagai langkah mitigasi tambahan yang akan dicantumkan jika vaksin tersedia. Meskipun begitu, ujar CDC, hal itu tidak diperlukan untuk membuka kembali sekolah.

Orang Amerika mungkin masih perlu memakai masker pada 2022 bahkan ketika negara itu melonggarkan batasan lain untuk memerangi Covid-19, ujar Dr. Anthony Fauci, pakar penyakit menular terkemuka Amerika Serikat (AS), Minggu.

Sementara tingkat infeksi harian turun secara dramatis, ribuan orang Amerika masih meninggal setiap hari akibat virus, dan kurang dari 15 persen populasi AS telah divaksinasi untuk melawannya. 

Presiden Joe Biden mencoba mempercepat kampanye untuk memvaksin sebagian besar orang dewasa Amerika.

Sementara itu, pemerintah daerah menuntut lebih banyak dosis untuk mencegah penyakit yang sangat menular dan telah merenggut 500.000-an nyawa di Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper