Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rotasi di Partai Banteng, Arif Wibowo Didepak dari Pimpinan Komisi II DPR

Seteleh menggeser Ihsan Yunus dari pimpinan Komisi VII DPR, Fraksi PDP kembali merotasi salah satu kadernya yakni Arif Wibowo dari posisi Wakil Ketua Komisi II DPR.
Anggota DPR Arif Wibowo bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/9)./ANTARA-Hafidz Mubarak A
Anggota DPR Arif Wibowo bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/9)./ANTARA-Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin menetapkan Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (F-PDIP) Junimart Girsang sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR menggantikan posisi rekan satu partainya Arif Wibowo.

Selaku pimpinan rapat, Azis menanyakan persetujuan pengesahan Junimart sebagai Wakil Ketua Komisi II kepada Pimpinan dan segenap Anggota Komisi II DPR RI yang hadir, baik secara fisik maupun virtual.

”Berdasarkan mekanisme, tata tertib dan surat dari fraksi maka izinkan saya meminta forum persetujuan ini untuk mengesahkan Junimart Girsang sebagai Pimpinan Komisi II DPR RI, bisa disepakati," tanya Azis dan diikuti seruan ‘setuju’ oleh Pimpinan dan Anggota Komisi II DPR, Rabu (10/2/2021).

Selanjutnya Azis memberikan palu sidang kepada Junimart sebagai simbol disetujuinya menjadi Pimpinan Komisi II yang baru. "Dengan penyerahan palu secara simbolis ini maka saudara Junimart mulai hari ini bisa melakukan tugasnya sebagai pimpinan di Komisi II," ujar Azis, di Gedung Parlemen, Rabu (10/2/2021).

Usai dilantik sebagai Wakil Ketua Komisi II, Junimart berharap keberadaan dirinya bisa ikut memperkuat kinerja dan sinergitas bersama dengan seluruh Pimpinan dan Anggota Komisi II lainnya dalam menjalankan tugas dan amanah dengan sungguh-sungguh sebagai wakil rakyat. 

Senin lalu susunan pimpinan Komisi VIII DPR juga berubah setelah Fraksi PDI Perjuangan menunjuk Diah Pitaloka sebagai wakil ketua Komisi VIII menggantikan Ihsan Yunus. Diah sebelumnya berstatus anggota di Komisi VIII DPR RI.

Susunan pimpinan Komisi VIII DPR berubah menjadi Ketua Komisi dijabat Yandri Susanto dari Fraksi PAN. Formasi wakil ketua adalah Diah Pitaloka dari Fraksi PDIP, Ace Hasan Syadzily dari Fraksi Golkar, Moekhlas Sidik dari Fraksi Gerindra, dan Marwan Dasopang dari Fraksi PKB.

Sebelumnya Fraksi PDIP juga merotasi Ribka Tjiptaning dari Komisi IX ke Komisi VII. Sedangakan Johan Budi Sapto Pribowo yang berada di Komisi II pindah menjadi anggota Komisi III. Marinus Gea dari Komisi III menjadi Komisi XI. Serta, Gilang Dhielafararez dari Komisi VI menjadi Komisi III.

Meski Sekretaris Fraksi PDIP Bambang Wuryanto mengatakan rotasi itu hal biasa, namun Berbagai spekulasi muncul ke publik terkait perombakan itu.  

Ihsan Yunus tengah menjadi saksi dalam kasus korupsi bantuan sosial terkait penanganan wabah Covid-19 di Jakarta dan sekitarnya. 

Sedangkan Ribka sempat membuat heboh karena menolak diberi vaksin karena meragukan kualitas vaksin asal China SinoVac.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper