Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Biden Pesan Lebih dari 100 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Otoritas kesehatan setempat memperkirakan vaksin tersebut akan tersedia pada akhir musim panas 2021 dan cukup untuk 300 juta orang.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 27 Januari 2021  |  15:58 WIB
Tangan perempuan memegang botol kecil berlabel
Tangan perempuan memegang botol kecil berlabel "vaksin virus corona Covid-19 dan logo perusahaan farmasi Pfizer. - Antara/Reuters\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Joe Biden berencana untuk memesan 100 juta dosis vaksin Covid-19 dari Pfizer Inc. dan Moderna Inc. dan mempercepat pengiriman ke Negeri Paman Sam menjadi 10 juta dosis tiap minggu.

Pemesanan tambahan itu akan menambah suplai vaksin dari kedua produsen tersebut di AS hingga 50 persen menjadi 600 juta suntikan. Otoritas kesehatan setempat memperkirakan vaksin tersebut akan tersedia pada akhir musim panas 2021 dan cukup untuk 300 juta orang.

Mengirim minimal 10 juta dosis ke AS akan merepresentasikan kenaikan 16 persen dari laju mingguan saat ini, meski percepatan itu hanya akan bertahan hingga 3 pekan dan belum ada kepastian dari mana vaksin yang akan datang itu.

“Ini [pemesanan] akan membuat jutaan warga AS divaksin lebih cepat dibandingkan prediksi sebelumnya, tetapi jalan kita maish jauh. Banyak hal yang bisa berbalik dari perencanaan yang sudah dibuat,” kata Biden, dikutip dari Bloomberg, Rabu (27/1/2021).

Sebelumnya, Biden berjanji akan melakukan vaksinasi sebanyak 100 juta suntikan selama 100 hari dia menjabat, meski belum ada kejelasan kebijakan yang diambilnya mampu mencapai target itu.

“Saya ingin menegaskan, 100 juta suntikan selama 100 hari saya menjabat bukan sebuah akhir. Ini adalah permulaan,” jelasnya.

Namun, target Biden tersebut masih terhambat oleh sejumlah hal mulai dari pengiriman yang lambat, suplai vaksin yang terbatas, dan jumlah tenaga medis yang terbatas.

Untuk membuktikan komitmennya dalam menekan dampak pandemi Covid-19, Biden bahkan sudah menandatangani stimulus tambahan senilai US$1,9 triliun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Joe Biden Vaksin Covid-19

Sumber : Bloomberg

Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top