Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emil Salim Sebut Pandemi Jadi Masa Pembuktian Diri Kepala Daerah

Hal itu diungkapkan ekonom senior Emil Salim melalui unggahannya di media sosial Twitter dengan akun @emilsalim2010, Jumat (8/1/2021).
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 08 Januari 2021  |  11:33 WIB
Emil Salim - Antara
Emil Salim - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Guru Besar Emeritus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Emil Salim menilai masa dengan tantangan pandemi Covid-19 saat ini merupakan kesempatan bagi pemimpin daerah untuk membuktikan diri.

Hal itu diungkapkannya melalui unggahannya di media sosial Twitter dengan akun @emilsalim2010, Jumat (8/1/2021). Pembuktian diri itu bisa diwujudkan kepala daerah dalam sejumlah aspet.

Pertama, sebut Menteri Bidang Penyempurnaan dan Pembersihan Aparatur Negara di era kepemimpinan Presiden Soeharto ini, pandemi menjadi kesempatan pemimpin daerah untuk membuktikan bahwa dia merupakan pilihan partai yang tepat.

Kedua, jelasnya, adalah kesempatan untuk membuktikan diri tidak berpihak kepada cukong atau pemilik modal. Para pemimpin daerah harus mengutamakan kepentingan rakyat.

Ketiga adalah kesempatan kepala daerah untuk membuktikan diri mampu aktif memimpin masyarakat di masa suli, sedangkan keempat adalah membuktikan berbagai cara inovatif untuk membangun dengan aman dari Covid-19.

"Masa Covid = kesempatan Pemimoin Daerah buktikan: (1) ia pilihan Partai yg tepat; (2) tak berfihak pd cukong/pemasok modal tetapi utamakan kepentingan rakyat; (3) aktif pimpinan masyarakat di masa sulit; (4) galakkan cara inovatif membangun-tanpa-virus !" tulis Emil Salim di akun Twitter tersebut.

Pada unggahan sebelumnya, Kamis (7/1/2021), Emil Salim juga menyebut kriteria sosok pemimpin yang dibutukan pada masa pandemi Covid-19. Salah satu syaratnya adalah mampu mengayomi masyarakat dengan penuh dedikasi.

"Type pemimpin daerah yg dibutuhkan di masa Covid ini = (1) mampu mengayomi penduduk menanggapi ancaman Covid dgn penuh dedikasi; (2) disiplin tegakkan 3M; (3) aktif nge-tes & bantu melacak korban; (4) ikuti petunjuk ahli dlm vaksinasi," tulisnya dalam akun tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emil salim Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top