Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi, Reshuffle Kabinet, dan Mitos Rabu Pon

Beberapa kali misalnya, mantan Wali Kota Solo ini mengumumkan reshuffle kabinet pada Rabu Pon. Bukan hanya itu, pernah juga pada Rabu Pahing.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  18:46 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan rencana reshuffle kabinet Indonesia Maju didampingi oleh Wakil Presiden Maruf Amin dan enam calon menteri.  - Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan rencana reshuffle kabinet Indonesia Maju didampingi oleh Wakil Presiden Maruf Amin dan enam calon menteri. - Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Selasa (22/12/2020) mengumumkan reshuffle kabinet Indonesia Maju. Ada 6 nama yang masuk dalam daftar, mulai dari Tri Rismaharini hingga Sandiaga Uno.

Ada satu hal yang menarik, yaitu pengumuman tersebut dilakukan di luar kebiasaan Presiden. Menurut Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin, Presiden Jokowi cukup sering mengambil keputusan penting pada hari Rabu. Beberapa kali misalnya, mantan Wali Kota Solo ini mengumumkan reshuffle kabinet pada Rabu Pon. Bukan hanya itu, pernah juga pada Rabu Pahing.

"Ini terkait hitungan penanggalan Jawa dan terkait dengan kondisi politik," ujar Ujang.

Sementara itu, apabila melihat penanggalan Jawa bulan ini, maka 22 Desember 2020 bertepatan pada hari Selasa Pahing.Kendati demikian, pelantikan para menteri terpilih akan dilakukan besok, Rabu (23/12/2020).

Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid juga pernah menyinggung soal penentuan reshuffle pada Rabu Pon.

"Sangat mungkin terjadi reshuffle pada Rabu Pon tanggal 23 Desember nanti," kata Gus Jazil sebagaimana dikutip dari laman resmi PKB, Senin (22/12/2020).

Menurutnya, terdapat dua tanggal yang dianggap bagus dalam penanggalan kalender Jawa. Pertama, 23 Desember hari Rabu Pon dan kedua, 30 Desember hari Rabu Kliwon.

Gus Jazil menambahkan, Rabu Pon adalah hari yang bagus serta lebih tenang.

Adapun pada hari ini, Presiden Jokowi menghabiskan waktu 6 menit untuk mengumumkan nama 6 menteri yang mengisi posisi baru di kabinet Indonesia Maju.

Dalam pengumuman penting itu, bersama Wakil Presiden Maruf Amin, Jokowi duduk di antara para calon menteri. Sebanyak tiga calon menteri di sisi kanan Presiden Jokowi dan tiga lainnya di kiri Wapres Ma’ruf Amin.

Alat pengeras suara berada di tangan kanan Jokowi digenggam erat dan ada secarik kertas di tangan kirinya. Jokowi duduk dan memanggil nama menteri kabinet Indonesia Maju.

Nama yang paling pertama dipanggil adalah Tri Rismaharini yang duduk di sisi kanan Presiden Jokowi. "Tri Rismaharini kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," kata Jokowi.

Risma duduk tepat di sisi kanan Jokowi. Risma dikenal dengan sosok yang tegas dan cekatan saat menjadi Wali Kota Surabaya.

Nama kedua yang dipanggil adalah Sandiaga Salahudin Uno. Sandi muncul dari sisi kiri dan duduk di sebelah Ma'ruf Amin. Sandiaga menjadi Menparekraf.

Nama ketiga yang dipanggil adalah Budi Gunadi Sadikin. Budi pernah menjadi Dirut Bank Mandiri,Inalum dan menjabat sebagai Wamen BUMN. Budi Gunadi Sadikin duduk tepat di samping Risma.

"Sekarang kita diberikan tanggung jawab memimpin Kementerian kesehatan," ungkapnya Jokowi ke arah Budi.

Nama keempat yang  dipanggil Jokowi adalah Yaqut Cholil Qoumas untuk mengisi komposisi Kementerian Agama. Yaqut merupakan tokoh muslim sekaligus Ketua PP Gerakan Pemuda Ansor. Dia duduk di samping Sandiaga Uno.

Nama kelima yang dipanggil adalah Sakti Wahyu Trenggono. Sakti kini memegang jabatan sebagai Wamen Pertahanan yang mendampingi Prabowo. Sakti duduk di samping Budi.

Kini Sakti mengemban jabatan baru sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, untuk menggantikan posisi Edhy Prabowo yang ditangkap oleh KPK. Sebelumnya, Sakti sempat menjadi mantan Bendahara TKN Jokowi-Ma'ruf.

Nama keenam adalah Muhammad Lutfi yang  pernah menjabat sebagai kepala BKPM,, Dubes Indonesia  untuk Jepang dan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat.

Jokowi mengungkapkan bahwa pelantikan menteri baru akan dilakukan pada Rabu (22/12/2020) pagi. “Pelantikan akan dilaksanakan besok pagi,” ungkapnya.

Saat pengumuman reshuffle kabinet Jokowi 2020 berlangsung, keenam menteri yang  baru ditunjukkan kompak menggunakan outer berwarna biru muda, untuk menciptakan  kesan sporty.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Reshuffle Kabinet sandiaga uno walikota surabaya tri rismaharini
Editor : Muhammad Khadafi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top