Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keluarga Pendiri NU, Gus Yaqut Isi Posisi Menteri Agama

Gus Yaqut menggantikan posisi Fachrul Razi yang dikenal sebagai tokoh militer Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Agama pada reshuffle Kabinet Jokowi 2020.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  18:08 WIB
Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor.  - gpansor
Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor. - gpansor

Bisnis.com, JAKARTA - Yaqut Cholil Qoumas atau yang disapa akrab Gus Yaqut ditunjuk menjadi Menteri Agama pada reshuffle kabinet Jokowi 2020.

Yaqut Cholil Qoumas atau lebih dikenal sebagai Gus Yaqut lahir di Rembang, 4 Januari 1975 merupakan putra dari K.H Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan saudara dari Yahya Staquf, tokoh Nahdlatul Ulama (NU).

Gus Yaqut adalah tokoh Islam di Rembang. Dia juga sempat menjadi Ketua PP GP Ansor periode 2011-2015, lalu menjadi ketua umum PP GP Ansor pada 2015-2020.

Gus Yaqut menggantikan posisi Fachrul Razi. Adapun Fachrul Razi merupakan jenderal bintang empat, sekaligus tokoh militer Indonesia yang berpengalaman di bidang infanteri.

Adapun Gus Yaqut dikenal sebagai orang yang cinta  Pancasila. Gus Yaqut mengatakan penguatan ideologi Pancasila pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara harus dilakukan demi keutuhan NKRI.

Tugas Gus Yaqut pada masa pandemi yakni menjaga keutuhan Indonesia dan menciptakan keamanan beribadah bagi masyarakat Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu, serta aliran kepercayaan lainnya.

Selain itu, Kementerian Agama juga mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menteri agama Yaqut Cholil Qoumas nadhatul ulama
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top