Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Batal Pensiun dan Berbisnis, Risma Terima Ajakan Jokowi Jadi Mensos

Sebelum ditunjuk jadi Menteri Sosial, Risma sebelumnya pernah berujar bahwa selepas pensiun menjadi Walikota Surabaya, dia akan memilih berbisnis dan mengajar.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  16:37 WIB
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menunjuk Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Selasa (22/12/2020).  - ANTARA
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menunjuk Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Selasa (22/12/2020). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi memilih Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi Menteri Sosial mengantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi.

"Saya kira kita tahu semuanya, saat ini Ibu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ungkap Jokowi dalam konferensi pers, Selasa (22/12/2020).

Yang menarik, Risma sebelumnya pernah berujar bahwa selepas pensiun menjadi Walikota Surabaya, dia akan memilih berbisnis dan mengajar.

"Pertama, saya akan coba berbisnis, kedua ada beberapa perguruan tinggi yang meminta saya menjadi pengajar," kata Risma selepas melakukan memilih dalam Pilkada, Rabu (9/12/2020).

Risma sendiri telah menjadi Wali Kota Surabaya selama 2 periode sejak 2010.

Dalam track record-nya, Risma tercatat sebagai wanita pertama yang dipilih langsung menjadi wali kota melalui pemilihan kepala daerah sepanjang sejarah demokrasi Indonesia.

Risma meniti karirnya sebagai PNS sejak tahun 1990-an. Sebelum menjadi wali kota, dia pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya dan Kepala Badan Perencanaan Kota Surabaya (Bappeko) hingga tahun 2010.

Selama kepemimpinannya di Surabaya, Risma dikenal sebagai sosok pejabat yang blak-blakan dan berhasil mengubah wajah kota Surabaya serta sistem pelayanan publik di sana.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Reshuffle Kabinet mensos walikota surabaya tri rismaharini
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top