Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma'ruf Sebut Bahasa Arab Tak Eksklusif untuk Umat Muslim

Hal itu disampaikannya pada Perayaan Bahasa Arab Sedunia Tahun 2020 yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan keterangan secara virtual/Twitter-@Kiyai_Ma'rufAmin
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan keterangan secara virtual/Twitter-@Kiyai_Ma'rufAmin

Bisnis.com, JAKARTA - Wapres Ma'ruf Amin mengatakan bahwa bahasa Arab tidak menjadi bahasa eksklusif atau khusus untuk kaum muslim.

Hal itu disampaikannya  pada Perayaan Bahasa Arab Sedunia Tahun 2020 yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dikutip dari akun Twitter resminya, @Kiyai_MarufAmin, Jumat (18/12/2020), Wapres mengatakan bahwa bahasa Arab memiliki posisi sangat penting bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi pemeluk agama Islam. Pasalnya, bahasa Arab merupakan bahasa Alquran, bahkan menjadi bahasa ibadah serta ritual tertentu.

"Namun bahasa Arab bukan bahasa yang eksklusif khusus untuk muslim, karena juga digunakan dalam ritual esensial pada sebagian gereja Kristen di wilayah Arab. Sejumlah karya penting keagamaan dan pemikiran Yahudi di abad pertengahan pun ditulis dalam bahasa Arab," tulisnya dalam akun Twitter tersebut.

Selain itu, Ma'ruf menjelaskan bahasa Arab juga telah memberikan kesempatan terjalinnya dialog lintas bangsa dan kebudayaan di sepanjang jalur perdagangan darat dan laut, serta menjadi media pengantar yang penting dalam penyebaran ilmu pengetahuan dan inovasi selama periode tahun 750–1258 atau sering ditulis sebagai zaman kejayaan Islam.

"Banyak pula catatan otentik yang membuktikan peran bahasa Arab dalam membantu transfer pengetahuan, sains dan filsafat Yunani serta Romawi di abad pertengahan ke berbagai belahan dunia," jelasnya.

Oleh karena itu, dia berharap bahasa Arab dapat diajarkan secara luas di banyak lembaga pendidikan Indonesia sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih besar, baik dalam mempererat tali silaturahim kedua bangsa, Indonesia dan Arab, maupun peningkatan kerja sama yang saling menguntungkan dan memberi kemaslahatan bagi semua pihak.

Dia pun menilai perayaan bahasa Arab sedunia ini menjadi kesempatan yang baik untuk lebih mempererat hubungan dengan lebih banyak lagi membangun kerja sama di berbagai sektor.

"Sejarah mencatat bangsa Indonesia memiliki ikatan yang kuat dengan dunia Arab. Mulai dari aktivitas keagamaan, kebudayaan, dan ekonomi. Ikatan yang telah terjalin sejak lama ini diharapkan dapat terus diperkuat di masa mendatang," kata Wapres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper