Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Popularitas Selebiriti Tak Jamin Angkat Suara di Pilkada 2020, Ini Buktinya

Berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count, dari 7 selebriti yang bertarung di pilkada serentak, hanya Sahrul Gunawan yang unggul dibandingkan dengan kandidat lain. Pemeran Jun dalam sinetron Jin dan Jun itu mendampingi Dadang Supriatna di pilkada Kabupaten Bandung.
Pekerja melipat surat suara Pilkada Medan di Gudang Logistik KPU Medan, Sumatera Utara, Selasa (17/11/2020)./Antara
Pekerja melipat surat suara Pilkada Medan di Gudang Logistik KPU Medan, Sumatera Utara, Selasa (17/11/2020)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Sejumlah selebriti ikut bertarung dalam ajang pemilihan kepala daerah atau pilkada serentak 2020 yang digelar hari ini, Rabu (9/12/2020). 

Setidaknya ada 7 selebriti yang bertarung di pemilihan kepala daerah serentak tahun ini. Mayoritas dari mereka sebagian besar mencalonkan diri sebagai wakil kepala daerah. 

Mereka yakni Sahrul Gunawan sebagai Calon Wakil Bupati Kabupaten Bandung, Lucky Hakim Calon Wakil Bupati Kabupaten Indramayu, dan David Chalik sebagai Calon Wakil Walikota Bukitinggi.

Selanjutnya Iyeth Bustami Calon Wakil Bupati Bengkalis , Adly Fairuz sebagai Calon Wakil Bupati Karawang, Firman Mutakin sebagai Calon Wakil Walikota Cilegon, dan Fadia A Rafiq sebagai Calon Bupati Pekalongan.

Namun, nama besar yang dimiliki para selebriti tidak serta merta mampu mengangkat suara pasangan dalam penyelenggaraan Pilkada 2020. 

Ini terlihat dari hasil hitung cepat yang dilakukan lembaga survei Indikator Politik Indonesia pada Rabu (9/12/2020), Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karawang nomor urut 1 yaitu Yesi Karya Lianti dan Ahmad Adly Fayruz berada urutan terakhir yakni 10,75%. Hasil hitung cepat itu berasal dari data masuk sebesar 100%. 

Adly Fayruz dikenal masyarakat sebagai aktor dan penyanyi yang memulai kariernya sejak 2006. Namanya melejit ketika berperan dalam sinetron Cinta Fitri. Sebelum bertarung di Pilkada 2020, dirinya juga pernah maju mengikuti Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2019. 

Demikian pula, berdasarkan hasil hitung cepat lembaga survei Voxpol Centre, Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon nomor urut 1 yakni Ali Mujahidin dan Firman Mutakin meraih perolehan suara 20,66%. Hasil hitung cepat ini berasal dari data yang masuk sebesar 88%. 

Pasangan ini kalah unggul dari dua pasangan lain yakni Paslon nomor urut 4 Helidy Agustian dan Sanuji Pentamarta yang meraih 34,41% dan Paslon nomor urut 2 Ratu Ati Marliati dan Sokhidin sebesar 28,83%. 

Sama dengan Adly Fayruz, nama Firman Mutakin juga banyak dikenal masyarakat setelah berperan di sinetron Cinta Fitri. 

Sekadar mengingatkan, sejumlah figur dari kalangan selebriti sebelumnya juga gagal di ajang pilkada. Pada 2017, Rano Karno yang menjadi Gubernur Banten pada 2015-2017 gagal mempertahankan posisi. Si Doel kalah dari pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy.

Aktor Primus Yustisio juga gagal meraih suara terbanyak di ajang pemilihan bupati Subang pada 2008. Panji Manusia Milenium itu lebih sukses pada pemilihan anggota legislatif karena mampu terpilih dua periode.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper