Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pimpin Polda Kalsel, Ini Rekam Jejak Irjen Rikwanto

Rikwanto menyatakan akan mewujudkan apa yang belum terwujud dan meneruskan yang sudah baik demi kebaikan wilayah Kalimantan Selatan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 November 2020  |  14:33 WIB
Kapolda Kalimantan Selatan yang baru Irjen Pol Rikwanto bersama Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta. - Antara/Firman)
Kapolda Kalimantan Selatan yang baru Irjen Pol Rikwanto bersama Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta. - Antara/Firman)

Bisnis.com, BANJARMASIN - Dikenal di kalangan media saat menjadi bagian dari tim humas Polda Metro Jaya dan Mabes Polri, Irjen Pol. Rikwanto kini memimpin Polda Kalimantan Selatan.

Mantan Kapolda Maluku Utara ini menggantikan Irjen Pol Nico Afinta yang ditugaskan memimpin Polda Jawa Timur.

Saat acara serah sambut Kapolda lama dengan Kapolda baru, Rikwanto menyebutkan bahwa Polda Kalimantan Selatan di bawah pimpinan Nico memperlihatkan kinerja yang cemerlang.

Rikwanto pun menyatakan siap meneruskan kerja Irjen Pol Nico Afinta di Polda Kalsel.

"Saya sudah mendapat banyak paparan laporan tentang apa yang telah dilakukan Pak Nico dalam periode 6 bulan. Ternyata banyak sekali telah dilakukan walaupun singkat dan itu menambah nilai bagi Polda Kalsel," kata Rikwanto di Banjarmasin, Senin (23/11/2020).

Rikwanto menyatakan akan mewujudkan apa yang belum terwujud dan meneruskan yang sudah baik demi kebaikan wilayah Kalimantan Selatan.

"Saya titip diri untuk warga Kalsel dan teman-teman wartawan mohon dukungannya agar bersama-sama menjaga daerah ini tetap kondusif supaya masyarakat bisa sejahtera dan ekonomi semakin maju," tutur Rikwanto.

Di sisi lain, Rikwanto yakin dan percaya pendahulunya Irjen Nico karirnya semakin cemerlang di Jawa Timur dan mampu membuat Jatim lebih baik lagi.

Sementara Nico Afinta mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran di Polda Kalsel serta forkopimda, stakeholder lainnya, masyarakat dan juga awak media karena telah banyak membantunya dalam tugas selama ini di Bumi Lambung Mangkurat.

"Saya minta maaf jika dalam tutur kata, perbuatan dan tingkat laku ada kesalahan. Semoga saya dilapangkan jalannya untuk tugas baru. Kami tetap bersilaturahmi dan saya doakan Pak Rikwanto dapat sukses dan memberikan yang terbaik di Polda Kalsel," katanya.

Rangkaian serah terima jabatan Kapolda Kalsel berakhir dengan dilepasnya Irjen Pol Nico Afinta dan istri di Polda Kalsel pada Senin siang. Acara dipersingkat dengan seefektif mungkin guna mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Dikutip dari Wikipedia, Irjen. Pol. Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum lahir di Medan, Sumatra Utara, 1 April 1965. Sejak 16 November 2020 Rikwanto mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan.

Rikwanto adalah lulusan Akpol 1988. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Kepala Kepolisian Daerah Maluku Utara.

Sejumlah jabatan pernah disandang Rikwanto, nama dia populer di kalangan media sekaitan dengan tugasnya di bidang kehumasan Polri.

Rikwanto mengawali karir sebagai Kapolres Karanganyar Polda Jateng (2006), kemudian bergeser menjadi 
Kapolres Klaten, Polda Jateng (2007), dilanjut menjadi Wakapolwil Banyumas, Polda Jateng (2008).

Rikwanto sempat menjadi Widyaiswara Muda Sespim Polri (2010) sebelum menjadi Kabidhumas Polda Metro Jaya (2012).

Selanjutnya ia menjadi Kabagpenum Divhumas Polri (2015), lantas bergeser menjadi Analis Kebijakan Madya bidang PID Divhumas Polri (2015), dan menjadi Karopenmas Divhumas Polri (2016) yang berlanjut menjadi Karo Multimedia Divhumas Polri (2017).

Tahun 2018 Rikwanto dipromosikan menjadi Wakapolda Kalimantan Tengah, lantas menjadi Kapolda Maluku Utara (2020), dan kini resmi menjabat Kapolda Kalimantan Selatan. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri rikwanto Polda Kalsel

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top