Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Massa Kegiatan Habib Rizieq Diminta Ikuti Swab, Terlambat Ini Akibatnya

Dengan penanganan sedini mungkin, kemungkinan kesembuhan bagi pasien positif Covid-19 otomatis juga semakin tinggi dan bahkan bisa mencapai 100 persen.
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo/Istimewa
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo meminta semua yang merasa terlibat dalam kerumanan di Petamburan, Tebet, Slipi, dan Megamendung suka rela melakukan tes usap.

Seperti diketahui, beberapa hari lalu di empat lokasi itu ada kegiatan Habib Rizieq yang dihadiri jumlah massa yang banyak. 

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat yang ikut dalam aktivitas tersebut agar secara suka rela bersedia untuk melakukan [tes] swab antigen yang telah disiapkan oleh pemerintah dan dinas kesehatan DKI Jakarta di sejumlah puskesmas. Pemeriksaan itu dilakukan secara gratis kepada masyarakat,” kata Doni dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/11/2020).

Menurut Doni hal itu sangat penting dilakukan agar bisa sesegera mungkin diketahui apakah mereka yang ikut kerumunan tersebut terpapar Covid-19 atau tidak.

Dengan penanganan sedini mungkin, sambung Doni, kemungkinan kesembuhan bagi pasien positif Covid-19 otomatis juga semakin tinggi dan bahkan bisa mencapai 100 persen.

Namun, jika gejala pasien sudah masuk ke fase yang lebih tinggi yakni gejala sedang, angka kematian naik menjadi 2,6 persen, sedangkan masuk ke fase gejala berat, angka kematian mencapai 5,5 persen.

“Ketika masuk fase kritis, angka kematian menjadi sangat tinggi, 67,4 persen,” ujarnya.

Doni juga menyebutkan sejumlah rumah sakit di Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah mengalami peningkatan okupansi ruang ICU hingga di atas 70 persen.

Sementara, ruang ICU di rumah sakit di kawasan Jakarta, kini terisi 69,5 persen akibat akibat penambahan pasien positif Covid-19 setelah masa libur panjang dan kerumunan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper