Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doni Monardo di Mata Menko Muhadjir dan Mensos Risma: Pekerja Keras, Berdedikasi

Mensos Risma hingga Menko Muhadjir mengenang sosok Doni Monardo yang pekerja keras dan berdedikasi saat pandemi Covid-19
Doni Monardo di Mata Menko Muhadjir dan Mensos Risma: Pekerja Keras, Berdedikasi. Doni Monardo/IPB
Doni Monardo di Mata Menko Muhadjir dan Mensos Risma: Pekerja Keras, Berdedikasi. Doni Monardo/IPB

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah tokoh menghadiri pemakaman mantan Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Senin (4/12/2023) siang.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy hingga Menteri Sosial Tri Rismaharini turut hadir dalam prosesi itu. Keduanya bercerita perihal sosok mendiang Doni semasa hidupnya.

Muhadjir, misalnya, bertutur perihal kedekatannya dengan almarhum, terutama pada saat masa penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. BNPB yang saat itu dikepalai Doni berada di bawah koordinasi Kemenko PMK.

“Waktu itu kita mengevakuasi WNI dari Wuhan, China dan berlanjut dengan mengevakuasi anak buah kapal. Perlu kita ketahui bahwa itu episentrum kedua setelah Wuhan dan ada 120 lebih anak buah kapal dari WNI yang kita evakuasi dan itu adalah hari-hari yang sangat berat,” katanya kepada wartawan di kompleks TMP Kalibata.

Menurutnya, Doni adalah sosok pekerja keras yang tidak kenal lelah dalam penanganan Covid, meskipun dirinya mengetahui bahwa saat itu Doni mulai mengalami kondisi kesehatan yang kurang prima.

Cerita serupa disampaikan oleh Risma. Dirinya mengaku mengenal baik sosok Doni Monardo dan menjadi dekat saat dirinya menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, terutama saat menangani pandemi.

“Saya wali kota Surabaya, saat itu banyak sekali dibantu oleh Pak Doni, bahkan saya sering komunikasi soal daya dan sebagainya. Bukan hanya APD, tapi beliau juga membantu saat kami tidak punya alat untuk PCR, beliau kirim,” kenangnya.

Risma mengatakan bahwa atas dedikasinya itu, Doni layak ditahbiskan sebagai pahlawan nasional.

“Menurut saya, layak jadi pahlawan nasional. Dan Pak Doni sangat rendah hati. Beliau enggak mau menonjol-nonjolkan, tetapi dedikasi dan kerjanya bisa dirasakan,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, ratusan orang mengantarkan jenazah mantan Ketua BNPB Doni Monardo ke peristirahatan terakhirnya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Senin (4/12/2023) siang.

Doni Monardo mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu (3/12/2023) di RS Siloam Semanggi, Jakarta Selatan. Dirinya meninggal karena sakit.

Almarhum Doni sebelumnya mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit Siloam sejak 20 September 2023. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat membesuk Doni di rumah sakit tersebut pada Selasa, 7 November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper