Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ternyata Tidak Semua Orang Wajib Pakai Masker, Simak Penjelasannya

Studi CDC menemukan bahwa masker dapat mengurangi potensi masuknya droplet ke hidung dan mulut.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 16 November 2020  |  15:23 WIB
Petugas kasir mengenakan alat pelindung diri berupa masker, face shield, dan sarung tangan ketika melayani pembeli di salah satu gerai penjualan kebutuhan pokok di Mal Pekanbaru, Riau, Selasa (13/10/2020).  - ANTARA
Petugas kasir mengenakan alat pelindung diri berupa masker, face shield, dan sarung tangan ketika melayani pembeli di salah satu gerai penjualan kebutuhan pokok di Mal Pekanbaru, Riau, Selasa (13/10/2020). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan penggunaan masker tidak hanya melindungi si pemakai tetapi juga orang lain di sekitarnya.

Covid-19 menyebar kebanyakan dari orang ke orang melalui droplet dan droplet bisa melayang-layang di udara ketika anda batuk, bersin, bicara, berteriak, hingga bernyanyi. Kemudian droplet ini bisa mendarat di mulut, hidup orang lain yang berada di sekitar anda.

Berdasarkan laman resminya, Senin (16/11/2020), penggunaan masker merupakan cara yang paling sederhana untuk mencegah masuknya droplet ke tubuh anda. Studi CDC menemukan bahwa masker dapat mengurangi potensi masuknya droplet ke hidung dan mulut.

Anda harus menggunakan masker, meskipun tidak sakit. Pasalnya, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang tanpa gejala (OTG) dan orang yang belum menunjukkan gejala akibat Covid-19 memiliki peluang untuk menularkan virus ini ke orang lain.

Namun, CDC juga menyatakan ada sejumlah orang yang wajib menggunakan masker dan lainnya tidak direkomendasikan menggunakan masker.

Siapa yang harus menggunakan masker?

Semua orang dengan usia di atas 2 tahun harus menggunakan masker jika bepergian ke tempat umum atau berada di sekeliling orang-orang yang tidak tinggal di satu rumah.

Menggunakan masker juga wajib bagi orang yang mengidap infeksi Covid-19, baik di rumah maupun di rumah sakit. Jika anda berpikir bahwa anda kemungkinan mengidap Covid-19 atau sakit karena Covid-19, maka penggunaan wajib menjadi sangat dianjurkan.

Siapa yang tidak harus menggunakan masker?

  • Anak-anak di bawah usia 2 tahun.
  • Semua orang yang memiliki kesulitan bernapas.
  • Semua orang yang tidak sadar, tidak mampu, atau tidak bisa membuka masker tanpa bantuan.
  • Memakai masker kemungkinan sangat sulit bagi orang yang memiliki masalah sensorik, kognitif, atau behavioral. Jika mereka tidak bisa memaka masker dengan benar atau tidak bisa mentolerir masker, maka adaptasi dan alternatif harus disediakan.

 #satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Adaptasi Kebiasaan Baru Kampanye 3M
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top