Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jeff Bezos Tambah Tajir, Jual Saham Amazon Rp43 Triliun

Bezos yang tercatat sebagai orang terkaya di dunia, telah mempercepat penjualan sahamnya tahun lalu.
Pendiri dan CEO Amazon.com Inc. Jeff Bezos/Bloomberg
Pendiri dan CEO Amazon.com Inc. Jeff Bezos/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - CEO Amazon Jeff Bezos minggu ini menjual lebih dari US$3 miliar saham di perusahaannya, setara kira-kira Rp43,5 triliun. Informasi itu sebagaimana tercantum dalam pengajuan ke ke Securities and Exchange Commission yang disusun oleh OpenInsider, dilansir CNBC International, Jumat (6/11/2020).

Bezos yang tercatat sebagai orang terkaya di dunia, telah mempercepat penjualan sahamnya tahun lalu. Pada Agustus, Bezos melepas lebih dari US$3,1 miliar saham Amazon, setelah menjual lebih dari US$4,1 miliar saham pada Februari.

Penjualan minggu ini menjadikan total uang tunainya pada 2020 menjadi lebih dari US$10,2 miliar sejauh ini, yang merupakan lompatan penting dari 2019, ketika Bezos menjual saham senilai US$2,8 miliar.

Bahkan dengan penjualan saham terbaru, Bezos masih memiliki lebih dari 53 juta saham senilai hampir US$170 miliar.

Transaksi tersebut dilakukan sebagai bagian dari rencana perdagangan 10b5-1 yang telah diatur sebelumnya, menurut pengajuan. Amazon menolak berkomentar tentang penjualan terbaru.

Bezos sebelumnya mengatakan dia menjual sekitar US$1 miliar saham Amazon setiap tahun untuk mendanai start-up roketnya, Blue Origin. Selain itu, CEO Amazon pada Februari lalu telah meluncurkan Earth Fund senilai US$10 miliar untuk memerangi efek perubahan iklim, yang akan memberikan hibah kepada ilmuwan, aktivis, dan organisasi lain.

Meskipun Bezos belum mengumumkan penerima dana tersebut, The Atlantic melaporkan bahwa Bezos diharapkan memberikan masing-masing US$100 juta kepada Nature Conservancy, Dana Pertahanan Lingkungan, Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam, dan Dana Margasatwa Dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Sumber : CNBC International
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper