Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fahri Hamzah Angkat Bicara Soal Kasus Jerinx SID, Begini Usulnya

Politisi Partai Gelora Fahri Hamzah mengusulkan agar Menko Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengajukan kembali versi akhir dari RUU KUHP ke DPR RI.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 04 November 2020  |  17:23 WIB
Fahri Hamzah, semasa masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPR, tiba untuk menjalani pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus), Polda Metro Jaya (PMJ), Jakarta, Senin (19/3/2018). - ANTARA/Aprillio Akbar
Fahri Hamzah, semasa masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPR, tiba untuk menjalani pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus), Polda Metro Jaya (PMJ), Jakarta, Senin (19/3/2018). - ANTARA/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Politisi Partai Gelora Fahri Hamzah angkat bicara atas kasus yang menimpa personel grup band Superman Is Dead (SID) I Gede Ari Astina alias Jerinx dalam kasus ‘IDI Kacung WHO’.

Dia mengusulkan agar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD untuk mengajukan kembali versi akhir dari RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) ke DPR RI. Langkah itu, jelasnya, dapat mengakhiri polemik hukum terkait teks.

“Usul saya ke prof @mohmahfudmd adalah agar segera ajukan kembali versi akhir RUU KUHP ke @DPR_RI agar urusan simpangsiur teks segera dihentikan. Lalu ajukan segera KUHAP untuk mengatur prilaku aparat penegak hukum. Disusul oleh KUHPerdata dan KUHAPerdata. Urgent!” cuit Fahri melalui akun Twitter pribadinya @Fahrihamzah, Rabu (4/11/2020).

Lebih lanjut, dengan berlakunya teks hasil kodifikasi pidana dan perdata beserta hukum acaranya, maka teks hukum akan lebih memberikan kepastian.

Menurutnya, hal itu jauh lebih penting ketimbang omnibus law karena jika kitab hukum pasti dan seserhana maka kepastian hukum mudah ditegakkan.

Adapun, usulan tersebut muncul sebagai tanggapan Fahri atas video yang diunggah akun Twitter resmi media Kumparan yang berisikan respon Jerinx terkait tuntutan 3 tahun penjara.

Dalam video tersebut suami Nora Alexandra ini tampak berang karena dinilai ada pihak-pihak tertentu yang ingin memenjarakannya tetapi terus bersembunyi.

“Coba lihat apa yg terjadi pak @mohmahfudmd (jgn marah ya pak). Warga negara dilapor oleh “seseorang” dan diproses oleh negara yg mengaku tidak ingin memenjarakanya. Tapi akhirnya jatuh tuntutan. Vonis hakim menanti. Apakah negara hadir hanya untuk melayani teks konyol UU ITE?” cuit Fahri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahfud md fahri hamzah Jerinx
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top