Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Duh! Jumlah Testing Kerap Turun saat Libur Panjang, Ini Saran Satgas Covid-19

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa intensitas testing secara maksimal dan menyeluruh menjadi upaya deteksi dini terhadap kasus Covid-19.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 03 November 2020  |  17:46 WIB
Petugas medis mengecek nama ASN usai melakukan swab  test ke ASN Dinas Kesehatan di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (22/9/2020). ANTARA FOTO - Jojon
Petugas medis mengecek nama ASN usai melakukan swab test ke ASN Dinas Kesehatan di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (22/9/2020). ANTARA FOTO - Jojon

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mendorong Pemerintah Daerah untuk melakukan testing secara maksimal dan menyeluruh termasuk saat libur panjang maupun akhir pekan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa intensitas testing secara maksimal dan menyeluruh menjadi upaya deteksi dini terhadap kasus Covid-19.

Dia menyadari bahwa jumlah testing kerap kali menurun saat memasuki libur panjang maupun akhir pekan. Kondisi ini kata dia mesti diantisipasi pemerintah daerah agar tidak berlarut.

“Perlu adanya evaluasi operasional laboratorium. Menurut analisis data terjadi penurunan tren tes saat akhir minggu ataupun saat libur panjang. Ini merupakan salah satu tantangan yang sedang coba kita selesaikan,” katanya saat konferensi pers, Selasa (3/11/2020).

Dia mengingatkan bahwa virus ini tidak pernah libur, sehingga adanya hari libur harus bisa diantisipasi dengan beberapa langkah.

Misalnya melalui penambahan operasional shift laboran. Penerapan cara tersebut lanjutnya juga harus dengan pertimbangan insentif yang memadai.

Selain itu, Satgas juga terus berkoordinasi dengan Pemda untuk meningkatkan kapasitas lab dan fasilitas pendukung lainnya. Salah satunya adalah reagen.

“Namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi seperti wilayah testing yang tersebar luas, jumlah masyarakat yang harus ditesting. Kami meminta peran aktif masyarakat mendukung upaya testing yang dilakukan oleh pemerintah,” ujarnya.

Dia menambahkan masyarakat dapat segera mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala Covid-19.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

laboratorium Virus Corona Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top