Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Viral, Video Raja Thailand Beri Ucapan Terima Kasih Bagi Loyalis Monarki

Sikap Raja Thailand ini mengambarkan dukungan bagi rakyatnya yang ingin keluar dan memberikan dukungan bagi kerajaan.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 25 Oktober 2020  |  03:03 WIB
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn - Istimewa
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Video yang menunjukkan Raja Thailand memberikan dukungan bagi seorang pria yang mendukung monarki di tengah gelombang demo anti-pemerintah beredar di Twitter.

Tampak dalam video, Raja Maha Vajiralongkorn berterima kasih kepada pria tersebut yang membawa foto mendiang ayahnya. Dikutip dari BBC, sikap Raja Thailand ini mengambarkan dukungan bagi rakyatnya yang ingin keluar dan memberikan dukungan bagi kerajaan.

Kerajaan sendiri belum memberikan komentar apapun terkait dengan gelombang protes di Thailand yang menyuarakan prodemokrasi dan mempertanyakan peran monarki.

Raja Vajiralongkorn lebih banyak tinggal di Jerman daripada di Thailand dan ketika dia berada di Bangkok, dia biasanya memimpin acara-acara formal di mana hanya ada sedikit kesempatan untuk berinteraksi dengan orang biasa.

Tetapi dia melanggar kebiasaan itu pada Jumat malam lalu (23/10/2020). Dia keluar dari upacara kuil bersama Ratu Suthida, menghabiskan waktu dengan kerumunan simpatisan, dan berbicara dengan beberapa dari mereka.

Dia berterima kasih kepada seorang pria yang telah mengangkat potret mendiang ayah raja selama unjuk rasa anti-pemerintah.

"Sangat berani, sangat berani, sangat baik, terima kasih," kata raja kepadanya dalam video yang beredar luas di media sosial.

Monarki secara resmi dianggap berada di atas perselisihan politik, dan istana sampai sekarang tidak mengatakan apa-apa tentang protes tersebut.

Royalis termasuk Warong Dechgitvigrom, pemimpin kelompok Thai Pakdee (Loyal Thai), mengatakan itu adalah momen menyentuh yang menggambarkan kepedulian raja terhadap rakyat.

Tetapi pengunjuk rasa mengatakan komentar raja telah memperjelas penentangannya terhadap mereka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

thailand demonstrasi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top