Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Empat Tindakan Prioritas Pengurangan Risiko Bencana

Kerja sama kemitraan mekanisme dan lembaga sangat dibutuhkan untuk melaksanakan pengurangan risiko bencana.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 23 Oktober 2020  |  19:27 WIB
Gedung LIPI. - ilustrasi
Gedung LIPI. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Pengurangan risiko bencana (PRB) di Indonesia saat ini masih belum maksimal, ini menjadi salah satu kenyataan dan catatan yang dirasakan oleh para peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Para peneliti LIPI mengungkapkan keinginan mereka untuk berperan aktif dengan memanfaatkan hasil penelitian dalam upaya pengurangan risiko bencana.

Menurut Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Eko Yulianto, terdapat empat tindakan prioritas pengurangan risiko, dua tindakan diantaranya memerlukan peran LIPI. Berikut empat tindakan prioritas pengurangan risiko bencana:

1. Memahami risiko bencana

Kebijakan dan praktek harus didasarkan pada pemahaman kerentanan, kapasitas, karakteristik bahaya dari lingkungan.

2. Penguatan tata kelola risiko

Tata kelola yang diperlukan untuk mendorong kerjasama kemitraan mekanisme, lembaga, untuk pelaksanaan PRB dan sumber daya

3. Investasi PRB untuk Resiliensi

Investasi publik dan swasta dalam tindakan struktural dan non-struktural untuk meningkatkan ketahanan sebagai pendorong inovasi, pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja.

4. Meningkatkan manajemen risiko

Memperkuat kesiapsiagaan, respon dan pemulihan di semua tingkatan sebagai kesempatan penting untuk PRB dan integrasinya ke dalam pembangunan.

Menurut Eko, pada poin pertama dan keempat LIPI bisa meningkatkan perannya, agar makin bisa menekan risiko bencana yang akan dihadapi. Selain itu Eko juga mengungkapkan perlunya membangun komunikasi yang baik antara peneliti, pembuat kebijakan dan juga publik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lipi bencana alam
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top