Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Libur Panjang Akhir Bulan, Mendagri Imbau Masyarakat Lakukan Ini

Akhir bulan ini, 28 - 30 Oktober merupakan tanggal merah yang jatuh pada hari Rabu hingga Jumat.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 19 Oktober 2020  |  15:31 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian - Bisnis/Himawan L Nugraha
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengimbau masyarakat memanfaatkan  liburan dengan tetap berada di rumah. Akhir bulan ini, 28 - 30 Oktober merupakan tanggal merah yang jatuh pada hari Rabu hingga Jumat.

“Lebih baik mungkin mengisi waktu di tempat masing-masing, beres-beres rumah atau tempat tinggal, menikmati liburan bersama keluarga di kediaman masing-masing. Itu yang diharapkan,” kata Tito usai rapat terbatas mengenai antisipasi libur panjang dengan Presiden Joko Widodo, Senin (19/10/2020).

Namun, apabila hendak ke luar kota, sebaiknya terlebih dahulu memiliki hasil negatif Corona dari tes PCR. Dengan demikian tidak akan menjadi pembawa virus bagi keluarga dan orang lain.

“Kita ingat klaster keluarga, satu terkena semua terkena,” kata Tito.

Selain itu, Tito mengimbau masyarakat yang bepergian untuk menghindari kerumunan yang menyebabkan kesulitan menjaga jarak.

Protokol kesehatan harus menjadi kebiasaan di mana pun dan apa pun kegiatannya.

Dalam hal itu, Kemendagri akan mengadakan rapat dengan kepala daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pekan ini.

Setiap pimpinan daerah memiliki peran untuk menjaga penularan virus Corona di tengah suasana libur panjang.

Kemendagri akan meminta kepala daerah dan Forkopimda membuat pemetaan tempat wisata agar dapat mengatur kapasitas dan penerapan protokol kesehatan.

“Mungkin dengan mengurangi kapasitas. Tidak adanya kegiatan, izin kepolisian, tidak memberikan izin kegiatan keramaian dengan musik-musik, kemudian kumpulan besar, dan lain-lain,” ujar Tito.

Dalam pembukaan rapat terbatas, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya mengantisipasi penularan virus Corona pada libur panjang akhir bulan ini.

Jokowi mengatakan Indonesia memiliki pengalaman libur panjang yang mengakibatkan kasus positif meningkat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat liburan panjang pada 16 - 22 Agustus 2020 menjadi penyebab penambahan kasus baru Covid-19 di DKI Jakarta.

Dalam dua hari terakhir, 30 - 31 Agustus, penambahan kasus baru naik signifikan dibandingkan hari sebelumnya, atau mencapai lebih dari 1.000 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mendagri Liburan Covid-19
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top