Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Aktivis Iklim Greta Thunberg Ajak Warga AS Pilih Joe Biden

Dukungan ini tampaknya bukan tanpa alasan, mengingat Greta pernah bersitegang dengan Donald Trump.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 10 Oktober 2020  |  23:45 WIB
Greta Thunberg, remaja asal Swedia berusia 16 tahun diusulkan sebagai salah satu penerima penghargaan nobel perdamaian atas aksinya menyuarakan penanganan pemanasan global yang dinilai lamban./Reuters- - Morris Mac Matzen
Greta Thunberg, remaja asal Swedia berusia 16 tahun diusulkan sebagai salah satu penerima penghargaan nobel perdamaian atas aksinya menyuarakan penanganan pemanasan global yang dinilai lamban./Reuters- - Morris Mac Matzen

Bisnis.com, JAKARTA – Aktivis iklim Greta Thunberg mengungkapkan dukungannya kepada calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Dukungan tersebut diungkapkan Greta melalui cuitan di akun Twitter-nya pada Sabtu (10/10/2020). Ia mengatakan bahwa biasanya tidak pernah terlibat dengan politik, namun pemilu AS merupakan hal yang menarik untuk dibahas.

“Dari perspektif iklim, ini sangat jauh dari cukup dan banyak dari Anda tentu saja mendukung kandidat lain. Tapi…bersiaplah dan minta semua orang untuk memilih #Biden,” ungkap Greta, seperti dikutip Bloomberg.

Dukungan ini tampaknya bukan tanpa alasan, mengingat Greta pernah bersitegang dengan capres petahana Donald Trump.

Saat greta dinobatkan sebagai Person of the Year majalah Time pada bulan Desember 2019, Trump mengejek remaja berusia 17 tahun ini bahwa Greta harus mengatasi masalah manajemen emosinya dan menyuruhnya menonton film dengan temannya daripada menjadi aktivis.

Trump juga menanggapi dengan sinis pidato berapi-api Greta di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada September 2019. Saat itu, dia memperingatkan bahwa seluruh ekosistem runtuh karena perubahan iklim.

"Dia tampak seperti gadis muda yang sangat bahagia," kata Trump saat itu.

Trump dan Thunberg memiliki kesamaan: keduanya termasuk di antara lebih dari 300 nominasi untuk Hadiah Nobel Perdamaian tahun ini, namun kalah pada hari Jumat dari Program Pangan Dunia PBB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Joe Biden Greta Thunberg

Sumber : Bloomberg

Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top