Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Stimulus Ekonomi AS, Anggaran untuk Maskapai Capai Rp297 Triliun

Pemerintah AS mengusulkan kepada parlemen paket stimulus ekonomi baru ke dengan nilai lebih dari US$1,5 triliun atau sekitar Rp22.237 triliun.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 Oktober 2020  |  00:45 WIB
Gedung Putih - whitehouse.gov
Gedung Putih - whitehouse.gov

Bisnis.com, JAKARTA - Amerika Serikat mengusulkan paket stimulus ekonomi baru ke parlemen dengan nilai lebih dari US$1,5 triliun atau sekitar Rp22.237 triliun terkait pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Mark Meadows, kepala staf Gedung Putih, menjelaskan paket kebijakan itu akan diberikan kepada sejumlah sektor, termasuk transportasi udara. Paket stimulus mencapai kisaran Rp297 triliun digelontorkan untuk maskapai penerbangan.

“Ada paket senilai US$20 miliar untuk maskapai penerbangan, yang akan memberi mereka perpanjangan kegiatan selama enam bulan,” kata , Meadows, Kamis (1/10/2020). 

Dua maskapai penerbangan terbesar AS yaitu American Airlines dan United Airlines mulai memberhentikan pegawai, yang totalnyanya sekitar 32 ribu pekerja pada Kamis pekan ini.

Ini terjadi karena manajemen kehilangan harapan untuk bisa mendapatkan stimulus sekitar US$25 miliar untuk membayar gaji para karyawan. Stimulus itu setara Rp371 triliun.

Paket stimulus pertama sebesar US$25 miliar telah habis digunakan hingga Rabu tengah malam waktu setempat.

Sebelum ini, pembicaraan antara Gedung Putih dan DPR, yang dikuasai Partai Demokrat, mengalami kebuntuan mengenai besaran paket stimulus yang ingin digelontorkan.

Demokrat ingin mengesahkan paket stimulus ekonomi sekitar US$2,2 triliun. Namun, Gedung Putih berkukuh pada angka US$1,5 triliun.

Meadows enggan memberitahu berapa nilai paket stimulus terbaru yang disetujui Gedung Putih. Namun, jumlahnya lebih besar dari yang awalnya diajukan. Namun, Meadows mengatakan jumlahnya tidak lebih besar dari US$2 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat stimulus ekonomi

Sumber : Tempo

Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top