Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pasien Covid-19 Tanpa Gejala, Patuhi Tips Isolasi Mandiri Ini!

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menginformasikan 7 tips yang wajib dipatuhi oleh pasien Covid-19 tanpa gejala ketika melakukan isolasi mandiri.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 28 September 2020  |  19:03 WIB
Juru Bicara Pemerintah Dokter Reisa Broto Asmoro di Kantor Presiden, Senin (21/9 - 2020) / Youtube Setpres
Juru Bicara Pemerintah Dokter Reisa Broto Asmoro di Kantor Presiden, Senin (21/9 - 2020) / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Pasien Covid-19 tanpa gejala harus disiplin dalam menjalankan masa isolasi mandiri guna menekan penyebaran virus Corona.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan isolasi mandiri harus diterapkan secara disiplin dan tidak boleh kendur.

Terdapat tujuh tips yang dia bagikan bagi pasien tanpa gejala. Pertama, selalu pakai masker dan mencucinya sendiri.

"Jika memakai masker sekali pakai, buanglah ke tempat sampah dengan dibungkus terlebih dahulu," kata Reisa dalam konferensi pers, Senin (28/9/2020).

Kedua, kata Reisa, bila ada gejala sakit batuk demam bersin, tetaplah di tempat isolasi dan tidak meninggalkan isolasi sampai masa penularan selesai.

Ketiga, manfaatkan layanan telemedis dengan pakar kesehatan, untuk melakukan konsultasi kesehatan, menginformasikan riwayat bepergian, dan riwayat kontak dengan yang positif.

Keempat, kamar harus terpisah dari anggota keluarga lainnya. "Jangan lupa menjaga jarak 1-2 meter dari anggota keluarga. Jangan memakai peralatan makan dan mandi yang sama. Cucilah sendiri alat makannya," jelas Reisa.

Kelima, cek kondisi tubuh dengan mengukur suhu, denyut nadi, dan tekanan darah. Atur jam keluar ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi kurang lebih 15 - 30 menit.

Keenam, terapkan pola hidup bersih dan sehat, konsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga rutin dan teratur, dan tenangkan pikiran dan jiwa .

Ketujuh, jaga kebersihan dan kesehatan di rumah. Bersihkan seluruh permukaan dengan cairan desinfektan yang tepat, sesuai dengan peruntukannya. 

"Jika pasien tanpa gejala tidak dapat melakukan isolasi mandiri di rumah, pemerintah menyediakan fasilitas isolasi. Masyarakat dapat menghubungi Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 terdekat," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top