Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi: Realisasi Banpres Produktif Mencapai Rp14 Triliun

Presiden Jokowi menyebutkan bahwa hingga 23 September 2020, penyaluran dana untuk program Banpres Produktif dan Banpres Modal Kerja telah mencapai Rp14,183 triliun.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 26 September 2020  |  10:23 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan program subsidi gaji untuk pekerja dengan upah kurang dari Rp5 juta dari Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/8 - 2020) / Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan program subsidi gaji untuk pekerja dengan upah kurang dari Rp5 juta dari Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/8 - 2020) / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa realisasi program perlindungan sosial telah berjalan dengan baik, salah satunya adalah program bantuan presiden atau Banpres Produktif dan Banpres Modal Kerja.

Presiden Jokowi menyebutkan bahwa hingga 23 September 2020, penyaluran dana untuk program tersebut telah mencapai Rp14,183 triliun.

"Realisasi program Banpres Produktif dan Banpres Modal Kerja Rp14,183 triliun, sudah diterimakan kepada 5,9 juta penerima manfaat," kata Jokowi saat memberikan keterangan tentang perkembangan realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/9/2020).

Presiden menyatakan bahwa program perlindungan sosial ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk memulihkan perekonomian, khususnya untuk masyarakat lapis bawah yang terdampak pandemi Covid-19.

"Pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp203,9 triliun untuk klaster perlindungan sosial yang direalisasikan dalam beberapa program," ujarnya.

Program tersebut di antaranya terealisasi dalam berbagai bentuk seperti Program Keluarga Harapan, Bantuan Pangan Nontunai, Sembako, Bantuan Sosial Tunai, Kartu Prakerja, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, Bantuan Presiden Produktif, Subsidi Gaji, hingga diskon tarif listrik.

"Program ini untuk meringankan beban ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19. Alhamdulillah, pelaksanaan program perlindungan sosial telah berjalan dengan baik," kata Jokowi.

Adapun, program Banpres Produktif untuk usaha mikro diluncurkan Presiden Jokowi pada 24 Agustus. Ditargetkan akan ada 12 juta penerima Banpres Produktif pada kuartal keempat tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi usaha mikro perlindungan sosial covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top