Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penerbangan Global Rugi US$84 Miliar, American Airlines Pangkas 19.000 Karyawan

Sejumlah operator penerbangan lain juga menyatakan akan melakukan PHK di tengah kemerosotan perjalanan udara.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 26 Agustus 2020  |  06:26 WIB
Ilustrasi-Pesawat milik American Airlines Group Inc. diparkir di bandara O'Hare International Airport (ORD) di Chicago, Illinois, AS -  Bloomberg/Patrick T. Fallon
Ilustrasi-Pesawat milik American Airlines Group Inc. diparkir di bandara O'Hare International Airport (ORD) di Chicago, Illinois, AS - Bloomberg/Patrick T. Fallon

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai penerbangan American Airlines menyatakan akan memangkas 19.000 pekerja pada Oktober mendatang setelah subsidi gaji dari pemerintah akibat pandemi Covid-19 berakhir.

Perusahaan penerbangan terbesar di dunia itu menyatakan pemutusan hubungan kerja (PHK), selain kebijakan cuti sukarela, akan membuat tenaga kerjanya 30 persen lebih kecil daripada posisi di bulan Maret.

Sejumlah operator penerbangan lain juga menyatakan akan melakukan PHK di tengah kemerosotan perjalanan udara seperti dikutip BBC.com, Rabu (26/8/2020).

United Airlines bulan lalu mengatakan sebanyak 36.000 pekerja berisiko untuk di-PHK.

Lufthansa dari Jerman telah memperingatkan akan memangkas 22.000 posisi, sementara British Airways memangkas 12.000 karyawan.

Pengurangan itu terjadi di tengah peringatan bahwa dampak pandemi akan menyebabkan kerugian maskapai penerbangan lebih dari US$84 miliar secara global tahun ini.

Di AS, ketentuan tunjangan dari pemerintah senilai US$25 miliar termasuk melarang maskapai melakukan PHK yang signifikan sebelum 30 September. Meski maskapai penerbangan telah meminta dukungan lebih lanjut, pembicaraan di Washington tentang paket bantuan gagal tanpa kesepakatan bulan ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerbangan covid-19

Sumber : BBC.com

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top