Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korlantas Polri: Contraflow Urai Kendaraan Keluar Jakarta

Untuk mengurai kendaan yang menuju Bandung dan Jawa Tengah, contraflow disiapkan di titik tertentu.
Ilustrasi-Kendaraan roda empat menggunakan jalur contraflow/Antara-Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi-Kendaraan roda empat menggunakan jalur contraflow/Antara-Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - Rekayasa lalu lintas berupa penerapan kebijakan contraflow menjadi pilihan dalam mengurai kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju Bandung dan Jawa Tengah.

Volume kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Bandung dan Jawa Tengah saat libur panjang kali ini memperlihatkan peningkatan.

Menurut Kabag Ops Korps Lalu Lintas Polri Kombes Rudi Antariksawan arus lalu lintas keluar Jakarta mengalami peningkatan volume sejak Rabu (19/8) sore hingga Kamis dini hari.

Polisi menyiapkan rekayasa contra low sejak KM 47 sampai KM 61 guna mengurai volume kendaraan di Tol Jakarta - Cikampek.

"Mulai jam 15.00 WIB sudah nampak peningkatan arus lalu lintas yang dari Jakarta menuju ke Bandung dan Jawa Tengah. Malam hari ini nampak semua ramai sehingga kami siapkan rekayasa lalu lintas mulai dari KM 47 sampai KM 61 kami laksanakan contraflow menuju ke arah Bandung dan Jawa Tengah," ucap Rudi melalui siaran pers, Kamis (20/8/2020) dini hari.

Rudi mengatakan upaya rekayasa lalu lintas dilakukan untuk memberi rasa aman sekaligus mempercepat arus lalu lintas. Rekayasa contraflow akan diperpanjang bila kepadatan terus meningkat.

"Sehingga bisa mempercepat arus lalu lintas, baik itu pertemuan tol yang elevated maupun tol yang ada di bawah. Kalau itu masih dirasa belum bisa memecah arus, kami lakukan contraflow dari KM 29," paparnya.

Lebih lanjut, Rudi menjelaskan pergerakan kendaraan keluar Jakarta yang terpantau tidak begitu padat. Hal ini karena kebijakan Ditjen Perhubungan Darat yang mengatur pembatasan kendaraan barang bersumbu tiga ke atas melintas di jalur tol.

"Sehingga arus lalu lintas bisa ketarik dan juga mulai jam 12.00 siang tadi sesuai dengan imbauan dari Dirjen Perhubungan Darat bahwa pengalihan kendaraan barang sumbu tiga ke atas untuk tidak melalui jalan tol, jadi kami alihkan melalui jalur arteri, Pantura dan nanti masuk kembali di Palimanan sampai Kamis pukul 12 siang. Untuk mengurangi arus yang datang dari Jakarta menuju Jawa Tengah maupun ke Bandung. Sepanjang ini kami lihat ramai namun masih lancar," tuturnya.

Selain itu, polisi mengantisipasi bila ada penumpukan kendaraan di rest area sepanjang jalur Tol Trans Jawa ini.

Penempatan personel di tiap rest area untuk membantu mengatur pergerakan kendaraan sehingga masyarakat nyaman tanpa harus berdesakan.

"Rest area juga sumber hambatan apabila penuh pada saat-saat tertentu misalnya sore, pada waktu ibadah salat ini kami atur buka tutup rest area sehingga masyarakat tidak masuk ke rest area. Kami juga melakukan patroli karena masih banyak masyarakat yang berhenti di bahu jalan sehingga itu akan menghambat arus lalu lintas," katanya.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono mengecek jalur mudik jelang libur panjang Tahun Baru Hijriah.

Istiono bersama rombongan meninjau pos pengamanan di KM 29 Tol Cikarang Barat, Rabu (19/8) didampingi Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dan Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper