Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

MPR Usul Pembentukan Majelis Syuro Dunia, Didukung Maroko dan Arab Saudi

Ketua MPR RI Bambang Soesato menyebut sejumlah negara menyatakan komitmen mendukung pembentukan majelis syuro dunia.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  09:45 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan sambutan saat sidang tahunan MPR di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Binsis - TV Parlemen
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan sambutan saat sidang tahunan MPR di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Binsis - TV Parlemen

Bisnis.com, JAKARTA - Pimpinan MPR RI mengusulkan pembentukan majelis syuro dunia untuk meningkatkan kerja sama memerangi radikalisme dan ekstrimisme di dunia.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan bahwa gagasan tersebut telah disampaikan kepada seluruh negara Islam di dunia. Dia menyebut sejumlah negara menyatakan komitmen mendukung pembentukan tersebut.

“Gagasan ini disambut Arab Saudi dan Maroko akan berperan aktif dalam pembentukan dan mengajak negara lainnya termasuk Eropa dan Afrika untuk bergabung,” ujarnya dalam pidato di Sidang Tahunan MPR RI, Jumat (14/8/2020).

Dia mengatakan, saat ini sejumlah persoalan hadir di berbagai negara. Beberapa di antaranya seperti, keamanan, kesenjangan ekonomi hingga penguatan hak perempuan dan hak pekerja.

Kondisi tersebut, lanjutnya, menuntut partisipasi semua pihak dan membutuhkan sinergi lintas negara dan lintas sektor. Oleh sebab itu, seluruh pihak dinilai perlu mengambil peran atas dasar menjunjung tinggi keadilan penegakan hukum dan hak asasi manusia.

“[adanya majelis syuro dunia] Sebagai keuntungan wadah internasional menyikapi isu dan persoalan yang dihadapi umat atau alternatif masyarakat,” ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mpr Nota Keuangan Bambang Soesatyo Sidang Tahunan MPR RAPBN 2021 Nota Keuangan 2021
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top