Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Filosofi Pakaian Adat NTT yang Dikenakan Presiden Jokowi

Presiden ingin menunjukkan bahwa Indonesia kaya dengan seni kriya, salah satunya tenun yang merupakan bagian dari kekayaan budaya nusantara.
Tim Bisnis Indonesia
Tim Bisnis Indonesia - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  09:08 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Maruf Amin bersiap memasuki Gedung Kura-Kura untuk mengikuti Sidang Tahunan MPR di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Maruf Amin bersiap memasuki Gedung Kura-Kura untuk mengikuti Sidang Tahunan MPR di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Pada Sidang Tahunan MPR RI tahun ini Presiden mengenakan pakaian adat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dari Kabupaten Sabu Raijua.

Berdasarkan Informasi yang dirilis Kantor Staf Presiden, filosofi di balik baju Presiden ialah Pulau Rote/Sabu adalah pulau terdepan di bagian ujung selatan Indonesia.

Selain itu, Presiden juga ingin menunjukkan bahwa Indonesia kaya dengan seni kriya, salah satunya tenun yang merupakan bagian dari kekayaan budaya nusantara.

Dengan mengenakan pakaian tradisional, Presiden juga ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mencintai Indonesia, mencintai produk-produk Indonesia yang juga banyak diproduksi oleh masyarakat lokal/UMKM.

Sementara itu, Jaleswari Pramodhawarhani Deputi V KSP menyatakan bahwa hari ini Presiden mengenakan pakaian daerah dari Provinsi NTT karena Presiden memang sangat memberi perhatian perhatian terhadap keberagaman.

“Presiden selalu concern tentang keberagaman dan kebhinekaan,” ujarnya seperti dikutip dari tayangan wawancara di Metro TV, Jumat (14/8/2020).

Adapun, pada sidang tahunan MPR RI pada 2019, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat sasak dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengenakan setelan jas dalam sidang tahunan MPR RI pada tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi RAPBN Nota Keuangan Sidang Tahunan MPR Nota Keuangan 2021
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top