Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dana Pilkada Rp19 Triliun, Rizal Ramli : Lebih Baik untuk Beli HP dan Internet

Ada usulan penambahan pagu anggaran oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mencapai Rp4,7 triliun terkait Pilkada 2020.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  17:48 WIB
Mantan Menko Maritim Rizal Ramli (kanan). - Antara/Aprillio Akbar
Mantan Menko Maritim Rizal Ramli (kanan). - Antara/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonom senior Rizal Ramli menyindir usulan penambahan pagu anggaran oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mencapai Rp4,7 triliun terkait Pilkada 2020.

Walhasil jika ditotal dengan anggaran yang sudah ada yakni hampir Rp15 triliun maka anggaran untuk Pilkada pada Desember mendatang mencapai Rp19 triliun lebih.

Rizal mengatakan bahwa anggaran tersebut akan lebih bermanfaat jika digunakan untuk pengembangan sistem pembelajaran jarak jauh yang kini banyak terkendala ketersediaan infrastruktur penunjang.

"Anggaran Pilkada 2020 sebesar Rp15 triliun. KPU minta tambah Rp4,7 triliun. Total nyaris Rp20 triliun. Manfaatnya nyaris tidak ada karena hanya teruskan tradisi oligarki & KKN. ++resiko corona. Lebih baik Rp20 triliun itu untuk beli 30 juta HP, pasang wifi di 1 juta titik, pulsa gratis untuk anak tidak mampu. Ya?" Cuitnya melalui akun Twitter @RamliRizal, Kamis (13/8/2020).

Cuitan tersebut pun seakan menyindir keputusan sejumlah partai politik mengusung calon kepala daerah yang memiliki hubungan kekerabatan dengan pejabat publik.

Terakhir, Rizal mempertanyakan alasan keputusan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan yang terang-terangan mengaku mendukung calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang notabene adalah putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilkada 2020
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top