Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ledakan di Pelabuhan Beirut Lebanon 10 Kali Lebih Dahsyat dari Ledakan di Texas

Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat menyebut ledakan di Texas terjadi pada 2013. Perusahaan pupuk West Fertilizer Company meledak karena menyimpan 240 ton amonium nitrat dan 50 ton amonium anhidrat di gudangnya.
Ledakan di Pelabuhan Beirut, Lebanon karena ribuan ton amonium nitrat terbakar, Selasa (4/8/2020)./Twitter @borzou
Ledakan di Pelabuhan Beirut, Lebanon karena ribuan ton amonium nitrat terbakar, Selasa (4/8/2020)./Twitter @borzou

Bisnis.com, JAKARTA – Tagar #PrayForLebanon di Twitter menjadi trending nomor satu di seluruh dunia.

Warganet membandingkan ledakan besar di pelabuhan utama Lebanon tersebut, diperkirakan 55 kali lipat lebih besar dari peristiwa serupa di Texas tujuh tahun lalu.

Penyebab ledakan besar di Lebanon adalah 2.750 ton amonium nitrat terbakar. Bahan tersebut biasa digunakan sebagai bahan untuk pupuk karena tinggi nitrogen, namun juga mudah terbakar apabila tercampur dengan bahan lain yang mudah terbakar juga.

“Di Texas pada 2014 terjadi ledakan akibat amonium nitrat sebanyak 30 ton. Di Beirut disebutkan 2.750 ton,” tulis akun twitter @aslamkhanbombay, Rabu (5/8/2020).

Faktanya, menurut laporan Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat, ledakan di Texas terjadi pada 2013. Perusahaan pupuk West Fertilizer Company meledak karena menyimpan 240 ton amonium nitrat dan 50 ton amonium anhidrat di gudangnya.

Artinya, ledakan di Lebanon besarnya 10 kali lipat dibandingkan dengan ledakan di Texas. Padahal, dalam peristiwa ledakan di Texas ada 15 orang tewas dan 160 orang luka, selain itu lebih dari 150 gedung rusak dan hancur.

Mengutip Forbes.com, alih-alih mirip ledakan di Hiroshima, ledakan di Pelabuhan Beirut lebih mirip seperti peristiwa ledakan di Pelabuhan Halifax, Kanada.

Peristiwa yang terjadi pada masa Perang Dunia I tersebut menewaskan 1.963 orang dengan lebih dari 9.000 orang luka-luka serta 6.000 orang kehilangan rumah.

Hal itu lantaran seluruh bangunan dengan radius 1.600 kaki dari pusat ledakan semuanya terempas dan rata dengan tanah.

Alex Wellerstein, sejarawan sains di Stevens Institute of Technology, mengatakan bahwa ledakan yang menghasilkan kepulan asap berbentuk jamur tersebut dihasilkan pada setiap ledakan besar, tak hanya ledakan dari bahan-bahan tertentu.

“Namun, untuk ledakan yang skalanya lebih besar seperti di Hiroshima asap atau awan yang terbentuk bertahan lebih lama. Warna merah dan oranye yang muncul setelah ledakan menunjukkan bahwa itu jelas bukan ledakan nuklir,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper