Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi: Pamong Praja Muda Senjata Reformasi Birokrasi

Jokowi sangat berharap pada pamong praja muda untuk memberikan pemikiran-pemikiran yang berbeda. Ikut memacu birokrasi untuk menempuh jalan yang yang berorientasi hasil yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 29 Juli 2020  |  10:33 WIB
Pamong Praja Muda (PPM) angkatan XXV melakukan selebrasi melempar topi saat upacara Kelulusan dan Pelantikan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Tahun 2018 di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (27/7). Presiden Joko Widodo melantik sebanyak 1.456 Pamong Praja Muda yang akan ditempatkan di seluruh pelosok daerah di Indonesia. - Antara
Pamong Praja Muda (PPM) angkatan XXV melakukan selebrasi melempar topi saat upacara Kelulusan dan Pelantikan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Tahun 2018 di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (27/7). Presiden Joko Widodo melantik sebanyak 1.456 Pamong Praja Muda yang akan ditempatkan di seluruh pelosok daerah di Indonesia. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap para Pramong Praja muda menjadi agen reformasi birokrasi. Menurutnya Indonesia membutuhkan cara kerja baru.

"Sebagai pamong praja muda, saudara harus menjadi penggerak inovasi, menjadi motor reformasi birokrasi, menjadi motor pengembangan cara-cara kerja baru, menjadi motor penggerak pemerintahan yang baru," kata Jokowi dalam pelantikan Pamong Praja Angkatan XXVII Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Rabu (29/7/2020).

Jokowi melanjutkan bahwa permasalahan utama pemerintahan adalau terlalu banyak aturan.

"Birokrasi telah terjebak oleh aturan yang menyulitkan, yang dibuatnya sendiri," jelasnya.

Oleh karena itu, Jokowi sangat berharap pada pamong praja muda untuk memberikan pemikiran-pemikiran yang berbeda. Ikut memacu birokrasi untuk menempuh jalan yang yang berorientasi hasil yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Seperti diketahui reformasi birokrasi adalah agenda utama Jokowi sebagai presiden pada periode pertama menjabat sebagai RI 1. Dalam berbagai kesempatan dia menyatakan bahwa memangkas birokrasi akan menjadika Indonesia sebagai negara yang dapat bergerak cepat.

Adapun dalam pelantikan itu, Jokowi juga mengingatkan bahwa pamong praja muda adalah masa depan pemerintahan Indonesia, mulai dari tingkat pusat, kabupaten, sampai ke pelosok desa.

"Tangan kalianlah yang akan menjalani adaptasi dan reformasi itu. Hati kalianlah yang akan merawat kedekatan dengan rakyat dan yang melayani rakyat. Tekad kalianlah yang akan memperkokoh Pancasila, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, serta untuk Indonesia maju yang semakin jaya," kata eks Gubernur DKI Jakarta.

Terakhir, Kepala Negara mengucapkan selamat bertugas kepada para pamong praja muda Indonesia. Dia berharap semua bisa belajar mengikuti perkembangan zaman, menjaga integritas sebagai pelayan masyarakat, menjaga kehormatan sebagai abdi negara, dan membuat Indonesia maju.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi ipdn
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top